Seorang Warga Lebih dari 3 Bulan Terinfeksi Corona, Kecamatan Ini Jadi Daerah Terlama Jadi Zona Merah Covid-19

Ilustrasi - Freepik
20 Juni 2020 16:27 WIB Ponco Suseno News Share :

Harianjogja.com, KLATEN–Kecamatan Wonosari, Klaten, Jawa Tengah, tergolong sebagai daerah terlama yang berstatus zona merah Covid-19. Di kecamatan tersebut terdapat seorang warga yang terpapar virus Corona lebih dari tiga bulan sejak Sabtu (18/4/2020) sampai dengan Sabtu (20/6/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, jumlah warga yang berstatus sebagai pasien positif Covid-19 di Kecamatan Wonosari sempat mencapai lima orang. Di Wonosari juga pernah berlangsung pemakaman salah seorang warga, S, 57, sesuai prosedur Covid-19, Rabu (8/4/2020). Meski dimakamkan sesuai prosedur Covid-19, S belum dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19. Sebelum dites swab, S sudah meninggal dunia terlebih dahulu.

BACA JUGA: Maksimal Hanya 2.500 Orang, Begini Cara Pemkot Jogja Pantau Jumlah Pengunjung Malioboro

Di antara lima warga di Kecamatan Wonosari yang pernah terpapar virus corona itu diketahui pernah mengikuti Ijtima Ulama zona Asia di Gowa, Sulawesi, 18-23 Maret 2020. Hal tersebut, termasuk P, 62. Pasien positif Covid-19 tersebut masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras lebih dari tiga bulan. Hingga sekarang, P masih menjalani perawatan di RSD berpelat merah di Klaten itu. Sedangkan, empat warga lain yang pernah terpapar virus corona dinyatakan sudah sembuh.

“Di Wonosari, pasien positif Covid-19 tinggal Pak P. Guna mencegah persebaran virus corona, di desa asal Pak P itu selalu rutin melakukan penyemprotan disinfektan minimal satu kali dalam satu pekan [masing-masing kepala keluarga (KK) sudah dibekali alat penyemprot],” kata Camat Wonosari, M., Nur Rosyid, Sabtu (20/6/2020).

BACA JUGA: Mulai Senin, Kalisuci Dibuka untuk Umum

Kecamatan Wonosari masih berzona merah Covid-19. Selain terdapat satu pasien Covid-19, di kecamatan ini juga masih terdapat 13 orang dalam pemantauan (ODP).  Data tersebut tercatat di Gusgas PP Covid-19 Klaten hingga, Jumat (19/6/2020).

“Kami berharap semoga Pak P segera sembuh. Kami pun juga berharap, warga di Kecamatan Wonosari tak ada lagi yang terpapar virus corona. Semoga, Kecamatan Wonosari bisa menjadi zona hijau Covid-19,” katanya.

BACA JUGA: Gugus Tugas: DIY Masuk Zona Kuning Persebaran Corona

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan pasien positif Covid-19 asal Wonosari, P masih dirawat di RSD Bagas Waras. Meski sudah berulang kali menjalani tes swab, hasilnya masih positif Covid-19.

“Secara fisik sebenarnya kelihatan sehat. Hasil swab Pak P memang masih positif. Itu yang masih kami dalami [P sudah menjalani tes swab selama delapan kali],” katanya.