Advertisement

Pemerintah Pusat Siapkan Hadiah untuk Pemda yang Berhasil Tangani Covid-19

Hadijah Alaydrus
Kamis, 11 Juni 2020 - 13:47 WIB
Sunartono
Pemerintah Pusat Siapkan Hadiah untuk Pemda yang Berhasil Tangani Covid-19 Gubernur DKI Anies Baswedan memaparkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan tengah mengkaji 'reward' berupa tambahan dana insentif daerah (DID) bagi pemerintah daerah yang memberikan langkah nyata dalam penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti. Menurutnya, pemerintah pusat tidak akan memberikan reward khusus bagi pemerintah daerah yang merespon kebijakan pemerintah pusat secara cepat terkait DAK kesehatan sebagai alternatif anggaran dalam penanggulangan Covid-19.

Advertisement

"Namun, pemerintah pusat akan memberikan reward dalam bentuk DID bagi langkah-langkah nyata yang dilakukan daerah dalam menangani Covid," tegas Prima, Kamis (11/6/2020).

Hal ini dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkapkan Kementerian Keuangan tengah menyusun kebijakan dana insentif daerah (DID) tambahan yang salah satunya memperhitungkan pengeluaran daerah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Ekonomi Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah pusat akan memberikan reward bagi daerah yang berhasil menurunkan status darurat di wilayahnya ke zona hijau.

Sayangnya, dia tidak mengungkapkan bentuk reward tersebut. "Pemerintah akan memberikan bonus bagi daerah-daerah yang masuk di zona kuning atau hijau sehingga ini menjadi insentif agar seluruh protokol [Covid-19] ini dilaksanakan," papar Airlangga dalam webinar ISEI, Selasa (9/8/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bolos Kerja Lebih dari 28 Hari, Seorang ASN di Sleman Dipecat

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement