Kapal Kandas di Kolaka, Begini Nasib 18 Penumpang

Proses evakuasi 18 orang penumpang kapal long boat kandas di perairan Pulau Maniang Kolaka yang dilakukan SAR Gabungan Pelabuhan Kolaka, Sabtu (6/6/2020). - Dok. Istimewa
07 Juni 2020 13:57 WIB Rio Sandy Pradana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kapal long boat kandas di perairan Pulau Maniang Kolaka, Sulawesi Tenggara pada Sabtu (6/6/2020) pukul 21.52 WITA, sebanyak 18 orang penumpang berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kolaka, Hasfar mengatakan bahwa SAR Gabungan Pelabuhan Kolaka yang terdiri dari UPP Kolaka, Basarnas Angkatan laut dan kepolisian KPPP beserta Polair berhasil mengevakuasi 18 orang penumpang long boat beserta awak kapal asal Kab. Kolaka di Pulau Maniang.

"Evakuasi 18 orang penumpang tersebut, 15 diantaranya wisatawan lokal dan tiga awak kapal oleh tim SAR gabungan Kolaka di perairan Pulau Maniang Kab. Kolaka dengan koordinat perkiraan lokasi kejadian  04?10'13.67"S 121?29'14.10"E haluan 216? jarak -+ 9 NM. Long boat yang dinaiki penumpang tersebut saat pulang kembali ke Kab. Kolaka mengalami kandas," kata Hasfar dalam siaran pers, Minggu (7/6/2020).

Dia menjelaskan kronologis menurut keterangan salah satu penumpang yang mengatakan bahwa pada 6 Juni 2020 Pukul 08.00 WITA, 15 orang penumpang beserta tiga awak kapal menggunakan long boat dari Dermaga Desa Palewai Kec. Tanggetada Kab. Kolaka berangkat menuju Pulau Padamarang Kab. Kolaka dan pada pukul 11.00 WITA, long boat tiba di Pulau Padamarang.

Pada pukul 15.30 WITA, selesai berkegiatan di pulau tersebut, kemudian meninggalkan tempat untuk kembali ke Kec. Tanggetada Kab. Kolaka dan pada pukul 17.00 WITA, saat dalam perjalanan pulang long boat yang dimaksud kandas di karang perairan Pulau Maniang Kab. Kolaka. Setelah kandas, semua penumpang termasuk awak kapal berdiam diri di atas kapal sambil menghubungi keluarganya dan UPP Kolaka.

Pada pukul 18.54 WITA, salah satu penumpang berhasil menghubungi UPP Kolaka dan menginformasikan bahwa long boat yang ditumpanginya mengalami kandas di karang perairan Pulau Maniang.

Pukul 20.30 WITA, Tim SAR Gabungan menggunakan Kapal Basarnas Kolaka  berangkat dari Dermaga Pelabuhan Samudra Kolaka Kel. Kolakaasi Kec. Kolaka Kab. Kolaka menuju perairan Pulau Maniang. Pada pukul 21.45 WITA, tim SAR gabungan tiba di perairan Pulau Maniang, selanjutnya Tim SAR gabungan melakukan evakuasi dengan menurunkan perahu karet mengingat kapal SAR tidak bisa mendekat ke lokasi kejadian.

"Pukul 22.00 WITA, 18 penumpang dan awak kapal berhasil dievakuasi dengan selamat ke Kapal SAR," ujarnya.

Pukul 22.45 WITA, lanjutnya, evakuasi selesai dengan selamat dan aman, selanjutnya Kapal SAR meninggalkan perairan Pulau Maniang menuju Dermaga Petikemas Kab. Kolaka. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan aktivitas yang berkaitan dengan melaut selalu memperhatikan kondisi cuaca dan mengutamakan keselamatan pelayaran. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia