6 Kontroversi Roy Suryo yang Bikin Mesem

Roy Suryo. - Okezone
27 Mei 2020 08:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Roy Suryo kembali menjadi sorotan publik. Namun, bukan karena prestasi, kali ini ia jadi perbincangan warganet karena menyindir Jokowi soal adanya ketupat dan panci dalam video ucapan selamat Idulfitri.

Pakar telematika itu menyoroti adanya ketupat yang dihidangkan di atas meja. Padahal menurutĀ Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu, video itu dibuat sebelum hari raya Idulfitri sehingga seharusnya masih dalam suasana puasa.

"Semoga ketupat, makanan dan minuman yang ada di meja itu aksesori shooting saja ya, kan kemarin-kemarin masih puasa?" cuit Roy Suryo via Twitter.

Namun, gara-gara cuitan itu, ia justru dirundung oleh warganet. Beberapa warganet bahkan mengingatkan kembali kasus aset negara yang sempat membelitnya tahun 2018.

"Kamu masih halu dengan hal-hal yang berbau panci ya?" cuit akun @narkosun.

Ternyata, tak hanya kasus aset negara yang sempat membuat namanya jadi sorotan publik. Berikut adalah daftar 6 kontroversi Roy Suryo yang bikin mesem-mesem:

1. Lupa Lirik Indonesia Raya (2013)

Roy Suryo pernah jadi bulan-bulanan warganet pada tahun 2013. Saat itu, ia berniat untuk melerai kericuhan yang terjadi pada pertandingan sepak bola tanggal 28 Agustus 2013 di Stadion Maguwo, Sleman, Yogyakarta.

Ia berinisiatif untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya agar massa bisa kembali tenang. Namun, di tengah-tengah lagu, ia justru lupa lirik. Ia mengganti lirik "Di sana lah aku berdiri" dengan "Di sana lah tanah airku".

2. Kelebihan Bagasi Kabin (2013)

Insiden ini terjadi pada tanggal 20 Oktober 2013. Roy Suryo beserta keluarganya tengah dalam penerbangan dari Yogyakarta menuju Jakarta. Ia membawa 6 tas ke kabin pesawat padahal sesuai peraturan penerbangan, hanya 2 tas yang diperbolehkan.

Ia juga ngotot tak mau mengurangi jumlah barang bawaannya sehingga kepala kabin terpaksa mengalah dan mengizinkan Roy Suryo menaruh tasnya di kursi kelas bisnis yang masih kosong.

3. Salah Kursi Pesawat (2011)

Pada tanggal 26 Maret 2011, Roy Suryo pernah salah kursi pesawat. Saat itu, ia menaiki pesawat Lion Air. Ia dan istrinya menduduki kursi milik orang lain namun, ia tetap ngeyel dan tak mau pindah. Roy Suryo dan istrinya baru mau pindah ketika petugas bandara turun tangan.

4. Diminta Mengembalikan Aset Negara (2018)

Setelah lama tak berulah, pada tahun 2018 ia kembali membuat publik heboh dengan kasus aset negara. Ia diminta untuk mengembalikan 3.226 barang yang ia bawa saat menjabat sebagai Menpora.

Dari sekian banyak barang yang ia pinjam itu, termasuk di antaranya ada peralatan rumah tangga seperti sendok, bor, hingga pompa air.

5. Koleksi Parabola (2019)

Pada tahun 2019, namanya kembali mencuri perhatian warganet lantaran rumahnya yang ada di Sleman, Yogyakarta dipenuhi dengan belasan parabola. Ia mengaku hal itu dilakukan agar jaringan Internet di tempatnya stabil.

6. Sebut Maia Estianty Sok Tahu (2020)

Belum lama ini, ia sempat terlibat perselisihan dengan musisi Maia Estianty. Mantan istri Ahmad Dhani itu semula mencuit soal Covid-19. Roy kemudian membalas cuitan itu dan menyebut Maia sok tahu.

"Tweeps, terus terang baca twit ini saya justru kasihan kepada yang bersangkutan karena memang bukan bidangnya. Sudahlah tidak usah dibully karena kita semua tahu siapa di belakangnya dan mengapa yang bersangkutan jadi begitu. Kita doakan saja yang bersangkutan kembali fokus ke bidangnya semula agar tetap menjadi diva +62," cuit Roy Suryo.

Sumber : Suara.com