Tes SKB CPNS Kemungkinan Digelar Agustus hingga September 2020

Seorang peserta mulai melakukan pemberkasan CPNS di Aula Adikarta, Gedung Kaca kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (10/1/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
20 Mei 2020 01:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS memutuskan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar sekitar Agustus hingga September 2020. Tetapi tes yang diperuntukkan bagi peserta yang lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) itu sangat tergantung dari perkembangan wabah virus corona.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana selaku Ketua Panselnas mengatakan, tes SKB tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan tes SKD Sekolah Kedinasan (Dikdin) pada Juli 2020.

"Jika SKD Dikdin 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada Juli 2020, maka jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung pada Agustus – September 2020," kata Bima, Selasa (19/5/2020).

Namun, dia menekankan jadwal itu tergantung pada status kedaruratan pandemi virus corona di Indonesia yang diputuskan Presiden Jokowi. Selain itu, Panselnas CPNS juga akan mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan, pemerintah mengantisipasi metode pelaksanaan seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di masa pandemi. Saat ini, BKN terus menguji coba (stress testing) sistem CAT Online. Selain itu, pemutakhiran sistem dan teknologi terus dilakukan.

"Kami sudah mencoba antisipasi metode tes pelaksanaan SKB CPNS 2019 dan SKD Dikdin 2020. Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu," katanya.

Sumber : inews.id