Covid-19: Luhut Sebut Akan Terjadi Pelonggaran di Jogja

Luhut Binsar Pandjaitan - Antara
14 Mei 2020 22:07 WIB Maria Elena News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan data Covid-10 di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Provinsi Bali, Jogja, dan Kota Manado, sudah mulai landai dan kemungkinan akan terjadi pelonggaran 

Pelonggaran tersebut, kata Luhut, dipertimbangkan karena melihat jumlah kasus baru Covid-19 yang menurun. Meski demikian, pemerintah akan tetap melihat perkembangan Covid-19 di ketiga wilayah ini dalam dua pekan ke depan.

"Kami juga sudah mulai merencanakan untuk mulai melonggarkan di beberapa tempat mungkin Bali, Manado, Jogja, mungkin Batam Bintan yang kasusnya sangat kecil. Ini [dengan melihat] subjek perkembangan Covid-19 dua pekan ke depan. Melihat angka hari ini membaik, kami yakin hal baik akan terjadi," kata Luhut melalui telekonferensi, Kamis (14/5/2020).

Luhut juga mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 yang menurutnya semakin baik dari hari ke hari dalam menangani pandemi virus Corona di Tanah Air.

"Sudah semakin efisien dan penanganan juga semakin bagus," ujarnya.

Pada Kamis (14/5/2020), pemerintah mencatat penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 568 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 16.006 kasus.

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 15 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 1.043 orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia. Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 231, sehingga total ada 3.518 pasien yang telah sembuh dari Covid-19.

Sementara, sampai sekarang baik Provinsi DIY maupun Kota Jogja belum menerapkan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB). DIY lebih memilih rapid test massal alih-alih PSBB. Bukannya melandai, kasus Corona di DIY justru terus bertambah dengan munculnya Klaster Indogrosir.

*Berita ini telah dikoreksi pada Jumat (15/5/2020) setelah ada hak jawab dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Sebelumnya berita ini berjudul Luhut Sebut Jogja Akan Longgarkan PSBB, padahal Tidak Ada PSBB di Jogja.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia