Advertisement

Bawaslu Sleman: Jangan Manfaatkan Covid-19 untuk Kampanye Terselubung

Newswire
Sabtu, 02 Mei 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bawaslu Sleman: Jangan Manfaatkan Covid-19 untuk Kampanye Terselubung Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -  Individu maupun partai politik diimbau untuk tidak memanfaatkan kondisi pandemi wabah Covid-19 untuk berkampanye terselubung meskipun penundaan tahapan pilkada hingga Desember 2020.

"Kami mengimbau baik itu individu yang nanti akan maju dalam bursa pencalonan bupati dan wakil bupati maupun partai politik (parpol) agar tidak memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 ini untuk melakukan kampanye terselubung," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Abdul Karim Mustofa di Sleman, Sabtu (2/5/2020). 

Advertisement

Walau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman belum menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati, pihaknya tetap melakukan pengawasan potensi pelanggaran.

"Untuk mengantisipasinya, kami akan membuat surat imbauan pencegahan kepada parpol untuk tidak memanfaatkan kesempatan saat pandemi Covid-19," katanya.

Ia menegaskan bahwa penundaan Pilkada Serentak 2020 setelah ada kesepakatan antara DPR RI Komisi II dan penyelenggara pemilu. Direncanakan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

"Penundaan pilkada ini tentunya tetap menunggu peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) sebagai payung hukumnya," katanya.

Apabila Perppu tentang Penundaan Pilkada Serentak 2020 tidak terbit, kata Karim, bisa jadi pilkada akan ditunda kembali.

"Saat ini kami masih menunggu perppu sebagai payung hukum sambil tetap aktif mengawasi perkembangan di daerah," katanya.

Sebelum adanya penundaan pilkada, di Kabupaten Sleman telah muncul banyak nama kandidat yang akan maju dalam bursa pencalonan bupati dan wakil bupati, baik itu dari parpol maupun jalur independen.

Selain itu, sejumlah parpol di Sleman juga telah membentuk koalisi untuk dapat mengajukan nama baik untuk posisi calon bupati maupun calon wakil bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement