Advertisement

Moeldoko Luncurkan Sejiwa, Layanan Psikologi untuk Hadapi Covid-19

Akbar Evandio
Kamis, 30 April 2020 - 04:47 WIB
Nina Atmasari
Moeldoko Luncurkan Sejiwa, Layanan Psikologi untuk Hadapi Covid-19 Ilustrasi: depresi, gangguan jiwa, gangguan kejiwaan, gangguan mental. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan jiwa masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Kantor Staf Presiden (KSP) bersama tujuh lembaga lainnya meluncurkan layanan psikologi nasional untuk kesehatan jiwa yang dinamai Sejiwa.

“Layanan ini penting untuk ada di tengah munculnya sejumlah masalah psikologi akibat pandemi,” ujar Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko saat peluncuran layanan Sejiwa  di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (29/4/2020).

Advertisement

Selain KSP tujuh kementerian dan lembaga yang ikut berkolaborasi dalam layanan ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA), Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, PT Telkom, Infomedia dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi). Selain itu, peluncuran layanan dihadiri seorang penyintas Covid-19 case-01, Sita Tyasutami. 

Pada peluncuran tersebut, Moeldoko menegaskan pentingnya kesehatan jiwa untuk melewati masa pandemi. Menurutnya tidak semua orang sanggup menghadapi masa pandemi hingga memicu  masalah kesehatan jiwa.

“Depresi bisa muncul karena berhentinya aktivitas produktif yang berdampak pada hilangnya pemasukan dan pekerjaan,” ujarnya.

Bahkan ancaman tekanan psikologis dibuktikan dengan meningkatnya jumlah aduan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). 

Menurut data LBH APIK terdapat 59 kasus kekerasan, perkosaan, pelecehan seksual selama periode 16 -30 Maret 2020. Diantara kasus tersebut, 17 diantaranya adalah kasus KDRT. Fenomena peningkatan KDRT terjadi secara global di masa pandemi.

Pada kesempatan itu, Nursita Tyasutami, penyintas Covid-19 kasus pertama di Indonesia menceritakan, saat dinyatakan positif Covid-19 ada tekanan yang luar biasa. Tekanan itu mempengaruhi kekebalan tubuh yang makin menurun.

Sita mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah untuk membuka layanan konseling psikologi ini.

“Pada awalnya saya mendapatkan bantuan dari seorang psikolog kolega yang membantu saya. Saya senang ada layanan psikologi dari pemerintah,” ujarnya.

Sebagai informasi, Layanan Sejiwa merupakan tindak lanjut arahan Presiden Jokowi agar layanan psikologi nasional ini bisa diwujudkan.

Layanan ini diberikan sebagai bentuk nyata bahwa negara hadir untuk menjaga warganya, salah satunya untuk menjaga kesehatan jiwa melalui layanan konseling dan edukasi kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Layanan ini bisa diakses masyarakat melalui sambungan telepon 119 ext 8. Layanan 119 selama ini juga dikhususkan untuk  memberikan pelayanan kesehatan seputar Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement