Daftar 10 Daerah dengan Kasus Positif Covid-19 Terendah di Indonesia

Ilustrasi virus corona - Antara/Shutterstock
15 April 2020 16:07 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Beberapa provinsi di Indonesia menunjukkan perlambatan angka pasien positif Corona.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sejumlah daerah menjadi wilayah paling minim angka pasien positif. Beberapa pasien bahkan sudah dinyatakan sembuh.

Daerah yang sebagian besar pasiennya sudah dinyatan sembul misalnya, Provinsi Aceh yang tercatat memiliki lima pasien Covid-19. Empat orang diantaranya telah sembuh dan keluar dari rumah sakit, sedangkan 1 pasien telah meninggal dunia pada bulan lalu.

Selain itu, Provinsi Bengkulu dan Bangka Belitung sama-sama memiliki empat pasien positif. Dari jumlah pasien itu, masing-masing satu pasien meninggal dunia dan belum ada pasien yang sembuh.

Adapun, Provinsi Jambi mencatatkan lima pasien Covid-19, Maluku Utara dua pasien positif dengan satu diantaranya dinyatakan sembuh, dan Papua Barat dua kasus dengan satu dari jumlah itu meninggal dunia.

Daerah lainnya, Sulawesi Barat mencatat lima kasus positif Covid-19. Satu orang dinyatakan negatif serta satu lainnya meninggal dunia.

Pasien paling sedikit yaitu Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur. Dua wilayah itu hanya memiliki seorang pasien positif Corona.

Sementara itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) secara nasional mencapai 139.137 orang. Sedangkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 10.482 orang.

Hingga Selasa (14/4/2020), jumlah terkonfirmasi positif Corona mencapai 4.839 kasus melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Selain itu, total kasus sembuh mencapai 426 orang dan meninggal dunia sebanyak 459 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjamin seluruh data terkait penyakit akibat virus SARS-CoV-2 berada dalam satu sistem yang lebih terbuka dan transparan.

“Dalam satu kendali data, dalam satu jejaring data sehingga semua bisa kita lihat dan akses terbuka dan dilihat lebih transparan,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Kendati sejumlah daerah berada di luar zona merah penyebaran Covid-19, pemerintah tetap meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak fisik, mencuci tangan menggunakan sabun dan mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Berikut ini daftar 10 daerah dengan pasien positif Corona paling sedikit:

1. Gorontalo (1)

2. Nusa Tenggara Timur (1)

3. Papua Barat (2)

4. Maluku Utara (2)

5. Bangka Belitung (4)

6. Bengkulu (4)

7. Jambi (5)

8. Aceh (5)

9. Sulawesi Barat (5)

10. Maluku (11)

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia