65 PNS RI Dinyatakan Positif Virus Corona, 2 Meninggal Dunia

Aktivitas petugas medis saat menangani pasien virus Corona di rumah sakit di Wuhan, Cina, 25 Januari 2020. - THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO via REUTERS
04 April 2020 07:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Kasus Covid-19 terus meluas dan menjangkit orang dari berbagai kalangan. Badan Kepegawaian Negara mencatat per tanggal 2 April 2020 setidaknya ada 65 pegawai negeri sipil (PNS) yang terdeteksi virus corona COVID-19. Dua orang di antaranya meninggal dunia.

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara BKN Paryono merinci, dari 65 orang tersebut; 58 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), 4 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 3 orang telah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kemudian, dari 3 orang PNS yang telah terkonfirmasi positif tersebut, 2 orang di antaranya telah meninggal dunia bukan dalam tugas, 1 orang sedang menjalani proses pengobatan," kata Paryono melalui keterangannya, Jumat (3/4/2020).

Sementara itu untuk PNS yang berstatus ODP kini kondisinya 51 orang masih menjalani pemantauan dan 7 orang selesai pemantauan.

Status ODP ditetapkan untuk mereka yeng memiliki gejala ringan pada umumnya seperti batuk, sakit tenggorokan dan demam akan tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif Covid-19.

“Untuk empat PNS yang berstatus PDP, semuanya saat ini belum dinyatakan sembuh dari penyakit yang dideritanya dan belum terkonfirmasi positif COVID-19,” lanjutnya.

Dia memprediksi jumlah ini bisa terus berubah seiring dengan proses data yang masih berlangsung.

Adapun berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia hingga Jumat 3 April pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 1.986 kasus. Dari jumlah itu, 134 pasien dinyatakan sembuh, sementara 181 lainnya meninggal dunia.

Sumber : Suara.com