Jokowi: Pemudik dari Jabodetabek Jadi ODP

Ilustrasi-Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
02 April 2020 15:57 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Guna mencegah penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 yang semakin meluas, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah untuk menetapkan pemudik dari wilayah Jabodetabek sebagai orang dalam pemantauan atau ODP. Mereka juga diminta melakukan isolasi mandiri.

“Pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa menjadi orang dalam pemantauan [ODP] sehingga harus direncanakan isolasi mandiri,” katanya saat membuka rapat terbatas virtual di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Presiden menyebut pengawasan dan pengendalian di tingkat daerah sudah mulai bergerak termasuk di level kelurahan atau desa. Presiden turut mendorong adanya partisipasi komunitas untuk mendata pemudik dari Jabodetabek. 

Partisipasi hingga di tingkat RT dan RW diperlukan guna mengendalikan penyebaran Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan masyarakat pemudik dan mencegah penambahan orang terinfeksi.

Di sisi lain, Jokowi meminta agar para menteri menyiapkan skenario komprehensif sebagai antisipasi pemudik di tengah penyebaran virus Corona. Skenario tersebut harus dipersiapkan sejak dari hulu hingga hilir.

Sumber : Bisnis.com