Jeritan Tenaga Medis: Kalau Masker, Alcohol Swab, Surgical Gloves Habis, Kami Pakai Apa?

Ilustrasi - hrinc.com
22 Maret 2020 11:57 WIB Saeno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mneingkatnya jumlah kasus virus corona atau Covid-19 menjadi keprihatinan bagi semua pihak sekaligus ancaman bagi tenaga medis. Kekurangan alat kesehatan dalam penanganan penyebaran virus Corona menjadi salah satu hal yang dikeluhkan di media sosial. Lantas, kalau semua itu terus berlangsung, petugas medis menggunakan apa saat menolong pasien?

Hal itu misalnya terekam dalam cuitan akun twitter @BlogDokter.

Aksi borong karena masyarakat panik atau alasan lainnya berdampak pada kelancaran tugas dan perlindungan diri para petugas medis. Tak heran jika akun @BlogDokter pun menyampaikan keluhannya di media sosial.    

"Kalian paham gak sih? Kalau kalian borong masker, alcohol swab, surgical gloves sampai habis di pasaran. Trus kami yang petugas medis ini menggunakan apa untuk menolong saudara kalian yang sakit?," cuit akun tersebut seperti dimonitor Minggu (22/3/2020).

Akun ini juga menyoroti sikap masyarakat merespons kabar meninggalnya petugas medis.

"Giliran ada petugas medis yang meninggal dunia karena tidak memakai APD lalu kalian elu elukan bak pahlawan. Paham gak, mereka itu mati karena APD kalian borong semua trus mereka menolong saudara kalian tanpa APD sehingga nyawa jadi taruhannya," tulisnya.

Berbagai keluhan itu pun bersambut tanggapan penuh empati dari salah satu akun.

"Baca status wa kakak jadi ga tega bayangin dia dan temen² tim medisnya yg berjuang dgn alat seadanya. Semoga tuhan melindungi kalian semua dgn segala keterbatasan alat dan semoga segera selesai masalah corona ini." tulis akun @tamagotchiii_

Sementara, akun @misumocca berkomentar begini, "Aku aja kalo di RS hemat² pake surgical gloves, ini ngapain orang² pada pake buat hal ngga seharusnya...alcohol swab pula, buat apaaa kamu kan ngga mau nyuntik orang." 

Mengapa dokter sampai mengeluh, apakah dokter sekarang cengeng? Bisa jadi bukan itu alasannya. Simak saja komentar berikut dari akun @JKTN12 menanggapi keluhan akun @blogdokter.

"Ini jadi curhatan tiap hari setelah bekerja, di RS tempatnya bekerja stock masker tipis. Untuk masker dijatah 1 orang 1 masker, RS tempat dia kerja RS rujukan Corona. Kebayang sih kalo stock APD sampai habis."

Lantas, siapa pemilik akun @blogdoter? Berdasar informasi di akun tersebut tertera  akun @dokterMade serta keterangan sebagai health influencer, dokter, dan blogger, lengkap dengan no WhatsApp yang bisa dikontak.

Berikut, cuitan akun tersebut pada Minggu pukul 8.23:

Sumber : Twitter