Kartu Prakerja Dirilis Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Bisnis - Abdullah Azzam
20 Maret 2020 08:47 WIB Hadijah Alaydrus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada hari ini, Rabu (20/3/2020), pemerintah akan merilis kartu prakerja di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta.

Rilis kartu prakerja ini akan diprioritaskan untuk tiga daerah terlebih dahulu, yaitu Manado, Bali dan Kepulauan Riau. Rilis yang dilakukan dalam bentuk konferensi pers ini akan dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 09.15 WIB.

Konferensi pers dihadiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Kepresidenan Jend. (Purn.) Moeldoko, dan Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Purbasari.

Mempertimbangkan kondisi saat ini serta terkait imbauan untuk melakukan social distancing guna mencegah penyebaran Covid-19, konferensi pers hanya dapat dihadiri maksimal 20 wartawan.

Rilis kartu prakerja ini dipercepat dari jadwal semula, yaitu akhir Maret 2020. Percepatan ini merupakan mandat dari Presiden Joko Widodo. Adapun, pemilihan tiga provinsi yang diprioritaskan didasarkan oleh pertimbangan kondisi saat ini.

Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menuturkan tiga provinsi ini menjadi wilayah yang paling terdampak akibat virus corona. Seperti diketahui, ketiga wilayah ini memiliki potensi wisata yang cukup besar dan banyak pekerja di sektor pariwisata yang terdampak.

“Ini memang momentumnya atau timing-nya kita sangat berharap. Kartu Prakerja bisa menjadi solusi jika beberapa sektor, misalkan pariwisata, sudah ada PHK di sana,” kata Susi.

Selanjutnya, dia menuturkan tahap kedua pembagian kartu prakerja akan dilakukan di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Sumber : Bisnis.com