Tes Corona Covid-19 di Indonesia Bisa Dilakukan di 12 Laboratorium, Ini Daftarnya

Sejumlah petugas saat melakukan pemeriksaan sampel di Laboratorium Virologi, BBTKLPP Yogyakarta, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.
18 Maret 2020 16:02 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia terus mengupayakan penanganan kasus virus corona atau Covid-19,  seiring meningkatnya kasus positif yang telah mencapai 172 kasus.

Dari semula 10 laboratorium periksaan spesimen, kini jumlahnya semakin diperbanyak. Di luar 10 laboratorium itu, ada tambahan Laboratorium Univeristas Airlangga (Unair) yang sudah bisa melakukan pemeriksaan. Beberapa laboratorium tambahan juga akan digandeng kerjasama.

"Laboratorium universitas penyakit menular Universitas Airlangga sudah melaksanakan fungsinya. Dan sudah mengiriman spesimen yang diperiksa dan ada hasilnya," ujar Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (18/3/2020).

Beberapa laboratorium lainnya ialah Lembaga Biologi Molekuler Ejikman dan Laboratorium Universitas Indonesia, dan dan Balai Besar Teknologi Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Kemenkes yang di Jakarta.

Maka, dengan begini, pemeriksaan akan lebih cepat dan hasil akan lebih akurat, sehingga Indonesia bisa memutus rantai penularan virus yang sudah memakan korban hampir 8000 jiwa itu.

"Kami berharap bahwa setidaknya minggu depan, pemeriksaan ini sudah bisa dilaksanakan di banyak tempat," sambungnya.

Berikut daftar lengkap laboratorium tes Covid-19, dilansir Antara, berdasarkan daerah masing-masing:

DKI Jakarta

  • Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Maluku, Maluku Utara, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.
  • Laboratorium Kesehatan Daerah DKI Jakarta dengan wilayah kerja DKI Jakarta.
  • Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dengan wilayah kerja DKI Jakarta.
  • Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan wilayah kerja, antara lain RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo dan RS Universitas Indonesia.
  • Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta dengan wilayah kerja, antara lain Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Banten.

Jogja

  • Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Daerah Istimewa Yogyakarta dengan wilayah kerja, antara lain DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Surabaya

  • Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan wilayah kerja RSUD Dr Soetomo dan RS Universitas Airlangga.
  • Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya dengan wilayah kerja, antara lain Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.
  • Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya dengan wilayah kerja, antara lain Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Palembang

  • Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang dengan wilayah kerja, antara lain Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.

Makassar

  • Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar dengan wilayah kerja, antara lain Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Papua

  • Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua dengan wilayah kerja, antara lain Papua dan Papua Barat.

 

Sumber : Antara