Advertisement

PM Australia Ragu Indonesia Tak Terinfeksi Corona, Terawan: Orang Ragu Biarin Saja

Newswire
Senin, 02 Maret 2020 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PM Australia Ragu Indonesia Tak Terinfeksi Corona, Terawan: Orang Ragu Biarin Saja Menkes Terawan. - Detikcom/Lamhot Aritonang

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Terawan Agus Putranto selaku Menteri Kesehatan (Menkes) menanggapi santai pendapat Perdana Menteri Australia Scott Morrison, yang meragukan soal tidak ditemukannya kasus virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

"Orang ragu biarin saja. Nanggepin orang ragu jangan pusing. Nomor satu adalah kenyataan, keterbukaan dan kejujuran itu saja," kata Terawan kepada wartawan, Minggu (1/3/2020).

Advertisement

Terawan memastikan, belum ditemukan kasus virus Corona di Indonesia. Semua pasien yang diduga terpapar virus Corona, serta yang masih dalam pengawasan dinyatakan negatif. "Hasil semua pemeriksaan untuk semua pasien yang ada negatif. Termasuk yang 188 World Dream juga negatif," ucapnya.

Selain itu, dia juga membantah pernyataan soal adanya 115 orang dalam pemantauan, dan 32 orang dalam pengawasan terkait virus korona di Provinsi DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil VCR yang dilakukan pihaknya, tidak pernah ada orang yang positif terpapar virus Corona. Baik di Jakarta ataupun daerah lainnya, semua hasilnya menunjukan negatif. "Jadi pernyataan jelas tidak tepat. Karena hasil VCR-nya negatif tidak ada Corona. Kalau negatif berarti tidak ada. Dalam pengawasan aja tidak ada. Pasien dalam pengawasan juga tidak ada," ucapnya

Menurut Terawan, kehati-hatian adalah salah satu moto yang Kemenkes jalankan saat ini. Pihaknya pun selalu melakukan pemeriksaan terkait virus Corona secara mendetail. Hal tersebut dilakukan berdasarkan prosedur yang telah dibuat dan disepakati pihaknya. "Pemeriksaan secara detail dilakukan. Sangat detail. Tindakan kehati-hatian jadi moto kita. Tidak ada tindakan berlebihan," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement