Komisi 1 DPR RI Bentuk Panitia Kerja Khusus Corona

Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic
01 Maret 2020 16:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Merebaknya virus Corona atau Covid-19 membuat Komisi I DPR RI sepakat untuk membuat Panitia Kerja (Panja). Tujuannya untuk memastikan pemerintah Indonesia memiliki kajian ketahanan nasional dalam menanggulangi virus tersebut.

Hal itu diungkap Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo, saat menghadiri diskusi Cross Check bertajuk 'Corona Kita Imun atau Melamun' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. "Kami ingin memastikan lewat panja ini bahwa ada instrumen negara yang memang mengkaji aspek ketahanan nasional terhadap dampak dari corona," kata Bobby saat diskusi, Minggu (1/3/2020).

Panja itu sendiri kata Bobby bernama Panja Ketahanan Negara untuk Virus Covid-19. Nantinya kata Bobby, pihaknya akan memastikan bahwa lembaga negara khususnya mitra kerja Komisi I DPR yakni Militer, BIN, Lemhanas memiliki kesiapsiagaan dalam menangani situasi terburuk. "Ketika ada keadaan tidak normal misalnya terdeteksi (corona) kemampuan isolasi, dan utamanya adalah kemampuan present logistik kita sudah siap," terangnya.

Seperti diketahui penyebaran virus Corona semakin mengkhawatirkan dunia. Virus yang berawal dari Wuhan, Provinsi Hubei, Cina itu kini sudah menyebar ke puluhan negara.

Berdasarkan data WHO tercatat ada 57 negara di dunia yang terjangkit virus ini. Total ada 85.641 orang terjangkit virus, 2.933 orang meninggal dunia dan 39.485 orang berhasil disembuhkan. Di Indonesia sendiri hingga sejauh ini belum ada laporan positif corona.

Sumber : Okezone