Di Hong Kong, Seekor Anjing Peliharaan Dikabarkan Terjangkit Virus Corona

Petugas menggunakan baju khusus berjaga di luar pintu masuk ke gedung perumahan Hong Mei House di Cheung Hong Estate di distrik Tsing Yi, Hong Kong, China, Selasa (11/2/2020). Pemerintah Hong Kong mengevakuasi warga di sebuah gedung setelah dua pasien di Pusat Perlindungan Kesehatan yang berasal dari tempat tersebut terinfeksi virus corona. Bloomberg - Justin Chin
28 Februari 2020 10:57 WIB Reni Lestari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyebaran virus corona atau Covid-29 semakin meluas.  Bahkan, anjing peliharaan dari pasien virus corona di Hong Kong ternyata terjangkit virus corona dalam tingkatan yang rendah.

Menurut laporan Departemen Pertanian dan Perikanan Hong Kong, tes terhadap anjing tersebut menunjukkan hasil 'positif lemah' terjangkit corona virus atau Covid-19. Sayangnya, otoritas tersebut tidak memberikan detail tambahan.

Namun, Departemen Pertanian dan Perikanan Hong Kong menegaskan pihaknya akan melakukan tes lanjutan untuk memastikan kondisi anjing tersebut atau ini hanya disebabkan oleh paparan lingkungan dari mulut dan hidungnya.

Hingga saat ini, banyak pihak yang belum mengetahui banyak soal virus yang menyebar ke berbagai negara tersebut. Salah satu informasi awal hanyalah sebatas temuan yang menyatakan virus ini ditransmisikan oleh kelalawar.

Departemen Pertanian Hong Kong mengklaim belum menemukan bahwa binatang peliharaan dapat terinfeksi atau bisa menjadi sumber penularan kepada manusia.

Jika temuan ini dapat dikonfirmasikan, maka anjing tersebut menjadi binatang peliharaan yang pertama terjangkit virus corona di dunia. Saat ini, anjing tersebut sedang dikarantina di fasilitas hewan. Departemen menyarankan agar binatang peliharaan dari pasien virus corona dapat ikut menjalankan karantina.

Sumber : Bisnis.com