Advertisement

BMKG Prediksi 21 Provinsi Alami Hujan Lebat Hari Ini dan Besok, DIY Termasuk

Newswire
Minggu, 23 Februari 2020 - 11:27 WIB
Nina Atmasari
BMKG Prediksi 21 Provinsi Alami Hujan Lebat Hari Ini dan Besok, DIY Termasuk Hujan lebat disertai petir melanda kawasan kampung nelayan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018). - ANTARA/Dedhez Anggara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 21 dari 33 provinsi di Tanah Air, hari ini, Minggu (22/2/2020) akan mengalami hujan lebat hingga sangat lebat, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG A Fachri Rajab mengatakan wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini adalah Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir pada Minggu (23/2) adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo dan Papua.

"Prakiraannya untuk hari ini dan besok memang lebat hingga sangat lebat," kata Fachri seperti dilansir Antara.

Advertisement

Curah hujan dengan kategori lebat yakni 50 - 100 mm per hari sementara kategori sangat lebat berada dalam rentang 100 - 150 mm per hari.

Ia menyebutkan, wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Senin (24/2/2020) adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG mencatat Indonesia saat ini dalam periode puncak musim hujan. Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi prakiraan cuaca dari BMKG. Termasuk peringatan dini yang diumumkan di website resmi sehingga dapat mengatur rencana kegiatan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement