Advertisement

Wilayah Ini Diprediksi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang

Newswire
Sabtu, 01 Februari 2020 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wilayah Ini Diprediksi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -Hujan lebat disertai angin kencang diprediksi melanda beberapa wilayah di Indonesia selama 31 Januari - 2 Februari 2020. 

Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (31/1/2020), membeberkan bahwa Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara berpotensi diguyur hujan lebat pada 31 Januari.

Advertisement

Kondisi yang sama masih berlangsung Sabtu, 1 Februari 2020 di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara pada Minggu 2 Februari 2020 hujan lebat diprakirakan teradi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Hujan lebat disertai angin dan petir diprediksi kembali terjadi pada 1 Februari di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Pada 2 Februari hujan angin disertai petir diprakirakan terjadi di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, DIY, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Cuaca ekstrem itu terjadi akibat massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagaian besar wilayah Indonesia kecuali Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

Juga terdapat sirkulasi siklonik di Selatan Banten dan konvergensi memanjang di perairan Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Barat; dari NTB hingga NTT; dan dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tenggara.

Sedangkan daerah belokan angin terdapat di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, Kalimantan dan utara Sulawesi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement