Advertisement

DPR RI Usulkan Pencabutan Bebas Visa bagi Warga China

Newswire
Rabu, 29 Januari 2020 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
DPR RI Usulkan Pencabutan Bebas Visa bagi Warga China

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Demi mencegah masuknya virus korona ke Tanah Air, Komisi I DPR RI menyarankan pemerintah Indonesia mencabut fasilitas bebas visa kunjungan bagi warga negara China. 

"Upaya pemerintah untuk mencegah masuknya virus korona ke Indonesia harus dilakukan secara sistematis," ucap anggota Komisi I DPR, Charles Honoris dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (29/1/2020).

Advertisement

"Tidak hanya sekadar memperketat pintu masuk bandara atau pelabuhan atau menerbitkan travel advice buat WNI, tetapi juga memberlakukan kembali visa kepada warga negara China yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia," sambungnya.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI ini menuturkan, dengan pemberlakukan kembali visa kunjungan bagi warga China -setelah dibebaskan pada 2015- Pemerintah RI bisa memperketat masuknya warga dari wilayah-wilayah terdampak korona di negeri tirai bambu, seperti dari Kota Wuhan dan sekitarnya secara lebih intensif, tidak sekadar mengandalkan thermo scanner di bandara ataupun pelabuhan.

"Dalam keadaan darurat seperti ini, pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi warga negaranya. Jadi, segala tindakan yang diambil, termasuk pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan bagi warga negara China, juga dalam rangka menjalankan kewajiban tersebut," ulasnya.

"Toh, China sendiri juga sudah melarang travel agent mereka untuk memberangkatkan warganya ke luar negeri, termasuk Indonesia," timpal Charles.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga berujar bahwa pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan untuk warga negara China merupakan hal wajar, mengingat China hingga saat ini belum membebaskan visa yang sama untuk Indonesia.

"Pembebasan visa seharusnya dilakuan secara resiprokal demi martabat bangsa," katanya menandaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement