Advertisement

Gerhana Matahari Total Akan Terlihat dari Papua pada 2023

John Andhi Oktaveri
Jum'at, 27 Desember 2019 - 03:27 WIB
Budi Cahyana
Gerhana Matahari Total Akan Terlihat dari Papua pada 2023 Foto kolase detik-detik puncak gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur Kabupaten Siak, Riau, Kamis (26/12/2019). - Antara/FB Anggoro

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pada 2023 akan terjadi Gerhana Matahari total yang bisa dilihat secara sempurna di Papua.

Pakar astronomi Riser Fahdiran mengatakan peristiwa terdekat dan yang besar itu gerhana matahari total yang akan terjadi pada 2023 di Papua. Sedangkan wilayah lain akan dapat sebagian atau gerhana matahari parsial, ujar Riser usai melakukan pengamatan gerhana matahari cincin, Kamis (26/12.

Advertisement

Sementara itu, gerhana matahari cincin baru akan terjadi lagi pada 2031, katanya.

Fenomena gerhana matahari cincin dengan titik terbaik untuk melihat bentuk cincin sempurna pada hari ini berada di Kabupaten Siak di Riau dan kota Singkawang di Kalimantan Barat. Sedangkan daerah lain di Indonesia seperti di Pulau Jawa hanya melihat gerhana matahari parsial atau sebagian, katanya.

Gerhana matahari cincin adalah fenomena ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Riser juga mengatakan gerhana matahari cincin berikutnya akan melintasi Indonesia pada 2031. Sebenarnya, gerhana matahari bukanlah sesuatu yang langka tapi kemungkinan terjadi di suatu tempat yang sama tergolong langka.

Di beberapa tempat hari ini masyarakat melaksanakan salat gerhana seiring dengan munculnya fenomena Gerhana Matahari Cincin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement