Advertisement

Ini Jumlah Pengendara Ojek Online di Indonesia

Rinaldi Mohammad Azka
Selasa, 12 November 2019 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Ini Jumlah Pengendara Ojek Online di Indonesia Pengendara ojek online menunggu penumpang di dekat Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2019). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia menyatakan jumlah pengendara ojek online (ojol) di Indonesia sampai kini tidak diketahui secara pasti baik oleh publik maupun pemerintah.

Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono menuturkan asosiasi pengendara ojol pun tidak memiliki data atau catatan dipegang oleh mereka terkait jumlah pasti mitra pengemudi. Menurutnya, perusahaan aplikator juga tidak mau membuka data jumlah tersebut.

Advertisement

Igun memproyeksikan jumlah pengendara ojek daring sekitar 2,5 juta orang. Adapun, simpatisan Garda mencapai 200.000 mitra ojek daring di seluruh Indonesia.

Jumlah mitra pengemudi ojek daring di wilayah Jabodetabek bisa mencapai 50 persen dari total jumlah mitra di seluruh Indonesia. Artinya, untuk wilayah Jabodetabek saja dapat mencapai lebih dari 1,25 juta pengemudi.

"Ini wilayah urban, artinya banyak ojol-ojol dari daerah-daerah juga masuk Jabodetabek, dari sekitar Pantai Utara dan Banten," katanya, Selasa (12/11/2019).

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani mengamini pernyataan bahwa pemerintah tidak memiliki data jumlah pasti mitra pengemudi ojol.

"Saya konfirmasi dengan Gojek dan Grab sekitar 2 juta--2,5 juta," katanya.

Sementara itu, data jumlah mitra tersebut oleh dua raksasa bisnis rintisan pun memang tidak diumumkan secara pasti.

Dikonfirmasi, salah satu perwakilan Gojek Indonesia hanya menyebut jumlah mitranya yang aktif berkisar 2,5 juta mitra baik ojek daring maupun taksi daring. Namun, sesuai kebijakan perusahaan jumlah pastinya tidak dapat disebutkan. Adapun,  Grab belum memberikan konfirmasi.

Di sisi lain, setiap pengemudi ojek online maupun taksi online mesti memiliki akun dalam aplikasi mitra pengemudi baik Gojek maupun Grab.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara penghargaan Mitra Juara Go-Jek 2019, di Jakarta, Kamis (11/4/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Berdasarkan penelusuran Jaringan Informasi Bisnis indonesia melalui playstrore, Selasa (12/11/2019), jumlah unduhan Gojek Driver lebih dari 5 juta unduhan, sementara Gocar Driver lebih dari 1 juta unduhan.

Untuk aplikasi pengemudi bagi Grab Indonesia tidak dibedakan berdasarkan mitra ojol maupun taksi daring seperti yang dilakukan Gojek. Jumlah unduhan aplikasi Grab Driver pun lebih dari 10 juta kali.

Jumlah unduhan di playstrore memang tidak merepresentasikan jumlah pengemudi ojol dan taksi online secara riil di Indonesia. Alasannya, bisa saja mitra pengemudi yang berhenti atau mengunduh sampai beberapa kali.

Setidaknya, hal itu menegaskan  unduhan aplikasi Gojek dan Grab sudah menembus 16 juta kali atau setara 6,1 persen dari populasi jumlah penduduk Indonesia pada 2018 yang mencapai 258,7 juta jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement