Advertisement

Ganjar Targetkan Jateng Jadi Barometer Keamanan di Tanah Air

Newswire
Jum'at, 25 Oktober 2019 - 18:27 WIB
Sunartono
Ganjar Targetkan Jateng Jadi Barometer Keamanan di Tanah Air Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (10/5). ANTARA FOTO - Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, PEKALONGAN--Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkeinginan wilayahnya menjadi barometer di Indonesia karena selama proses pelaksanaan pemilihan legislatif, Pemilihan Presiden, dan pemilihan kepala daerah berlangsung aman dan kondusif.

"Kondisi keamanan yang sudah baik ini, mari kita rawat dan terus dijaga. Saya ingin Jawa Tengah menjadi barometer keamanan wilayah di Indonesia," kata Ganjar usai upacara pembukaan Jambore Satlinmas ke-2 Tingkat Jateng di Bumi Perkemahan Linggoasri, Kabupaten Pekalongan, Jumat (25/10/2019).

Advertisement

Ganjar menilai kondusifitas keamanan di Jawa Tengah selama ini paling baik di Indonesia, terbukti selama Pemilu 2019 dan pilkada berlangsung aman tanpa ada gejolak yang berarti, termasuk demo mahasiswa belum lama ini yang berjalan dengan berbudaya.

Demikian pula, kata dia, satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) yang menjadi mata dan telinga negara juga harus bisa memahami pekerjaannya dan tanggap terhadap situasi di wilayahnya masing-masing.

"Linmas harus selalu bersilaturahmi dengan masyarakat dan mengerti kondisi persis kejadian di lingkungannya. Ketika kemudian harus bergerak maka anggota linmas harus jadi ototnya negara," katanya.

Ia mengatakan anggota linmas harus dibekali dengan keterampilan-keterampilan, pendekatan kepada masyarakat yang humanis, dan yang terpenting lagi mereka bisa mengerti teknologi informasi sehingga apa yang terjadi di media sosial dan sebagainya harus tahu.

"Oleh karena, pelatihan-pelatihan melalui jambore ini diharapkan anggota linmas akan dapat ilmu pengetahuan baru sehingga bisa mendorong, termasuk mereka membantu seandainya terjadi bencana.

Saya titip lagi mereka bisa menjadi satgas untuk kebersihan daerah," katanya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan pemkab berterima kasih atas kehadiran Gubernur Jateng pada acara Jambore Satlinmas ke-2 ini yang telah memberikan pengarahan pada anggota linmas se-Jateng.

"Melalui kegiatan ini maka anggota linmas dapat lebih optimal berperan dalam mewujudkan keamanan lingkungan sebagai modal dasar keamanan nasional. Kegiatan Jambore Satlinmas di Bumi Perkemahan Linggoasri ini juga sebagai langkah promosi kami untuk mengenalkan objek-objek wisata yang dimiliki daerah setempat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Transmigrasi, DIY Dapat Kuota 16 Kepala Keluarga

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement