Advertisement

Informasi Kekayaan Pejabat Magelang Bisa Diakses Melalui Ponsel

Nina Atmasari
Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:37 WIB
Nina Atmasari
Informasi Kekayaan Pejabat Magelang Bisa Diakses Melalui Ponsel Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Pemerintah Kabupaten Magelang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, termasuk dalam kemudahan akses informasi. Salah satu inovasi yang baru saja diluncurkan adalah aplikasi android PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kabupaten Magelang.

"Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi hanya dari perangkat android," jelas Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Sugiyono, Rabu (23/10/2019).

Advertisement

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui perangkat android. Ia mengatakan aplikasi ini memuat segala data dan informasi Kabupaten Magelang. Sesuai UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, jenis informasi dalam aplikasi ini diklasifikasikan menjadi empat, yakni informasi berkala, serta merta, setiap saat, dan dikecualikan.

Untuk memperoleh informasi melalui aplikasi PPID Kabupaten Magelang, masyarakat terlebih dahulu harus mengisi permohonan mendapatkan informasi.

Beragam jenis informasi yang disediakan dalam menu aplikasi ini diantaranya Profil dan Struktur organisasi, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Laporan Keuangan hingga Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa.

"Harapannya semua layanan bisa transparan, cepat, mudah dan murah, serta dapat diakses darimanapun dan kapanpun," tambahnya.

Hak untuk mengakses informasi dijamin dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Undang-Undang ini bertujuan antara lain; (1) menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan, program, dan proses pengambilan, alasan pengambilan suatu kebijakan publik. (2) Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik. (3) Mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan, efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement