Advertisement

Gibran Maju Pilkada Lewat PDI Perjuangan

Rayful Mudassir
Senin, 21 Oktober 2019 - 00:57 WIB
Budi Cahyana
Gibran Maju Pilkada Lewat PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming tak banyak berkomentar soal pencalonannya di Pilkada Solo. Dia hanya menegaskan bakal maju menjadi calon Walikota Solo melalui Partai PDI Perjuangan.

Seusai keluar dari ruang sidang pengambilan sumpah jabatan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin, Gibran Rakabuming tak banyak memberi komentar saat ditemui awak media.

Advertisement

Dia hanya mengatakan telah mantap untuk maju sebagai Cawalko Solo dengan PDI Perjuangan. Dia juga menepis adanya kabar yang menyebut dirinya akan naik melalui jalur independen.

"Kemarin sudah saya katakan maju lewat PDIP. Itu saja. Nggak mungkin independen. Sudah saya katakan lewat PDI. Saya punya KTA PDI ya lewat PDI. Saya tidak akan pernah bilang lewat independen," katanya.

Seluruh anak Joko Widodo hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR, Minggu (20/10/2019). Selain Gibran, juga hadir Kaesang dan Kahiyang juga hadir pada acara pelantikan. Mereka duduk berdekatan dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Joko Widodo dan Ma`ruf Amin secara resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019 - 2024. Keduanya sah menjadi pemimpin negara setelah membacakan sumpah jabatan.

Sumpah jabatan dibacakan bergiliran didahului oleh Joko Widodo. Kemudian dilanjutkan oleh Ma`ruf Amin. Keduanya disumpah menurut agama yang dianut, yaitu Islam.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan seluruhnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi disaksikan oleh ratusan tamu undangan di Gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Sementara itu, Ma`ruf Amin juga membacakan teks serupa dengan hanya mengubah jabatan sebagai Wakil Presiden RI. Mereka kemudian serentak menandatangi nota berita acara.

Dengan pelantikan tersebut, Jokowi secara resmi menjadi Presiden kedua yang menjabat sebagai pimpinan negara dua kali berturut-turut lewat pemilihan serentak setelah Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Ma`ruf Amin menjadi Wakil Presiden RI Ke - 13 menggantikan Jusuf Kalla. Setelah pembacaan sumpah tersebut, dilakukan pula peralihan kursi duduk antara JK dengan Ma`ruf Amin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement