Harapan Perdamaian dari Tanah Papua

Ratusan warga Papua di Jogja saat menggelar aksi di kawasan Titik Nol Kilometer, Selasa (20/8/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
14 September 2019 06:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAYAPURA - Warga di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, menggelar deklarasi kesepakatan dalam rangka menjaga tanah Papua damai dan kerja bhakti massal guna mendukung program Go Adipura, Jumat (13/9/2019) pagi.

Kegiatan itu digelar di lapangan olahraga Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura yang dihadiri oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Wakil Bupati Giri Wijiyantoro, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Jerry HT Simatupang dan para pemangku kepentingan lainnya.

Mathius Awoitauw dalam sambutannya mengatakan dengan kegiatan tersebut akan buat kesepakatan bersama agar kabupaten Kabupaten Jayapura tetap aman dan damai.

"Di mana wilayah ini merupakan zona integritas dan pernyataan itu semua elemen ada. Jadi, kita harus komitmen, siapapun warga negara yang berada dan tinggal di Kabupaten Jayapura harus ikut berkomitmen menjaga keamanan dan kedamaian," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja melalui Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon yang telah inspirasi kegiatan deklarasi tersebut.

"Selain menjaga keamanan dan kedamaian, program lainnya atau salah satunya adalah kebersihan kota, bagaimana kota kita bisa bersih, tempat kita bisa menyenangkan dan menjadi perhatian. Apalagi kita akan menyongsong PON XX pada 2020 nanti, siapa pun dia punya andil untuk ini," ujar Mathius.

Mewakili Dandim 1701/Jayapura, Danramil Sentani Mayor Jhon F Dahar mengajak para hadirin dan semua pihak di Bumi Kenambay Umbay nama lain Kabupaten Jayapura untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena pernyataannya sehingga deklrasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

"Terima kasih buat Pak Bupati Jayapura dan juga kepada Pak Kapolres Jayapura yang telah membantu mengkoordinir kita dalam deklarasi dan kerja bakti Kabupaten Jayapura ini. Mari kita jaga bersama kenyamanan dan keamanan di kabupaten Jayapura," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon menyampaikan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah hadir dalam kegiatan deklarasi tersebut.

"Patut memanjatkan puji dan syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa yang mana hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan deklarasi damai dan juga melaksanakan kerja bakti dalam rangka Go Adipura maupun mensukseskan PON 2020 di Kabupaten Jayapura," katanya.

Kegiatan itu, kata dia, merupakan suatu rangkaian proses menjaga kedamaian di tanah Papua, sehingga jangan pernah bosan untuk menebarkan kedamaian di tengah-tengah cobaan yang sedang dihadapi bersama.

"Kami mau menyampaikan kepada bapak ibu sekalian terkait penggunaan media sosial kita tidak perlu terprovokasi dan terpancing terhadap isu-isu yang ada tentunya kami hadir di kabupaten ini untuk menjaga oleh karena itu bapak ibu dapat berkoordinasi dengan aparat yang berwenang terkait situasi dan kondisi yang ada," ucapnya.

Pada momentum ini, Kapolres juga menjelaskan soal kehadiran anggota Brimob sebanyak 1.050 personel yang berasal dari empat polda yaitu Polda Sumbar, Polda Sumsel, Polda Riau dan Polda Kepri di daerah itu.

"Mereka hadir bukan bertujuan untuk menakut-nakuti atau memanaskan situasi, melainkan untuk menjaga kabupaten kita ini agar situasi keamanan dan ketertiban dapat tetap kondusif," tegasnya.

Pembacaan pendeklarasian kesepakatan bersama dalam rangka Papua tanah damai dipimpin oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan penandatanganan naskah kesepakatan bersama oleh Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Paguyuban dan peserta deklarasi.

Usai kegiatan deklarasi, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bhakti atau pembersihan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan di Bumi Kenambay Umbay itu.

Sumber : antara