Pemakaman Habibie: Metal Detector Dipasang di Pintu TMP Kalibata

Metal detector disiapkan Paspamres di pintu masuk TMP Kalibata - Bisnis/Rayful Mudassir
12 September 2019 10:37 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden mulai memasang metal detector di pintu masuk Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Pantauan Bisnis, Pasukan Pengamanan Presiden mulai memasang metal detector pada pukul 9.00 WIB. Sebelumnya awak media sempat diberi kesempatan masuk. Namun tidak lama kemudian sterilisasi dimulai sehingga seluruh pengunjung diminta keluar sesaat.

Pukul 9.20 WIB, Paspampres mulai membuka kesempatan bagi awak media masuk ke lingkungan Taman Makam Pahlawan. Belum diketahui apakah masyarakat diperbolehkan masuk atau tidak ke dalam lingkungan makam. Berdasar pantauan di lapangan, masyarakat sempat antre di depan pintu masuk.

Prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie rencananya dihadiri para tokoh kenegaraan, termasuk para duta besar negara tetangga. Hingga berita ini dibuat, Paspampres dan panitia acara pemakaman masih menyusun lokasi duduk para tamu negara tersebut.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan ratusan personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya prosesi pemakaman.

"Akan menjaga dan mengawal hingga Taman Makam Pahlawan Kalibata," kata Argo, Kamis (12/9/2019).

B.J. Habibie meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pada pukul 18.03 WIB.

Siang ini jenazah almarhum akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Pusaranya diperkirakan berdampingan dengan makam almarhumah istrinya Ainun Besari yang meninggal dunia pada 2010.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia