Ibu Kota Baru Diklaim Punya Banyak Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan - Istimewa
01 September 2019 05:37 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, BALIKPAPAN— Calon lokasi ibu kota negara di Kalimantan Timur diklaim punya banyak sumber energi terbarukan.

Benua Etam , julukan bagi provinsi Kaltim dikelilingi sumber energi yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk energi baru terbarukan (EBT).

Gubernur Kaltim Isran Noor Kaltim tak hanya memiliki sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi, tetapi juga diberkahi oleh sumber matahari (solar cell), air (hidro) hingga angin.

"Kaltim ibukota negara. Tidak perlu khawatir kekurangan energi listrik. Disini sumber energi nasional. Selain minyak dan gas bumi serta batubara. Ada air, ada matahari dan ada angin. Itu saja dikelola, sudah luar biasa listrik kita. Itu anugerah Tuhan yang sangat besa,," katanya dalam pembukaan Rakornas II KAHMI Sabtu (31/8/2019).

Selain sumber energi, Isran juga menyebut tak mengkhawatirkan persoalan pasokan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ibukota. Gubernur menyebut sumber mata air bisa diperoleh dari induk Sungai Mahakam hingga sungai- sungai lain di sekitaran Balikpapan, Samboja dan Penajam. Belum lagi waduk-waduk juga banyak termasuk bendungan yang dibangun pemerintah melalui APBN

“Sungai dan waduk yang ada, mampu memasok kebutuhan air baku bagi ketersediaan air bersih bagi warga ibukota yang diperkirakan memuncak jumlahnya,” tekannya.

Sumber : Bisnis.com