6 Terduga Teroris Dalam Sepekan, Beberapa Sudah Latihan Semi Militer

Tim Densus 88 Anti Teror - ANTARA/Mohammad Ayudha
26 Agustus 2019 14:57 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com,  JAKARTA-- Dalam sepekan, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap enam terduga pelaku tindak pidana terorisme di wilayah Jawa Timur.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa keenam terduga teroris tersebut ditangkap karena diduga terafiliasi dengan kelompok teroris Jamaah Ansharut Daullah (JAD) wilayah Jawa Timur. 
 
Menurut Dedi, penangkapan dilakukan di beberapa lokasi yang berbeda. Terduga teroris berinisial HS ditangkap di Sampang dan BL di Lamongan pada Kamis (22/8/2019), kemudian terduga teroris KJ, S dan IP diamankan di Blitar Jumat (23/8/2019) dan terakhir terduga teroris YT ditangkap di Magetan pada Sabtu (24/8).
 
"Penangkapan ini dilakukan setelah tim penyidik Densus 88 Antiteror melakukan pengembangan kasus tindak pidana terorisme terhadap tersangka yang sebelumnya sudah ditangkap," tuturnya, Senin (26/8).
 
Dedi mengatakan beberapa terduga teroris itu telah diamankan karena terbukti melakukan idad dan latihan semi militer di daerah pegunungan wilayah Jawa Timur. Sementara, tersangka YT diamankan karena terbukti melakukan pencurian toko emas di Magetan untuk aksi amaliyah.
 
"Mereka ini sudah sempat melakukan latihan idad di pegunungan. Selain itu, mereka juga terafiliasi dengan JAD dan sempat ikut pertemuan amir di wilayah Jawa Timur," katanya.

Sumber : Bisnis.com