Soal Perpindahan Ibukota, Amien Rais Sebut Jokowi Ribut Sendiri

Amien Rais - JIBI/Bisnis Indonesia/Jaffry Prabu Prakoso
23 Agustus 2019 20:07 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo menunda memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

“Jadi saya heran kalau Jokowi sepertinya ribut sendiri mau memindah ibu kota ke tempat yang belum jelas,” katanyadi Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Amien menjelaskan masih banyak hal yang lebih penting dibandingkan memindahkan ibu kota. Kerusuhan di Papua salah satunya dan harus segera diselesaikan.

“Saya ingatkan jangan pernah anggap enteng perkembangan di Papua dan Papua Barat,” jelasnya.

Amien menuturkan bahaa sebuah negara besar dengan perekonomian, militer hingga intelijen, dan kepolisian yang kuat bisa runtuh dalam waktu cepat karena satu masalah.

"Yugoslavia contohnya. Negara negara di Eropa Timur yang paling kuat, makmur dan stabil kini sudah tidak ada lagi karena konflik. Nah kita NKRI jangan main-main. Jangan kita menyepelekan perkembangan di Papua. Karena itu, tolong pendekatannya jangan hanya security approarch, bahkan bukan economy approarch, atau political approarch. Tapi harus betul-betul multidimensional approach,” ucapnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia