Balap Mobil Listrik Kelas Dunia Formula E Digelar Juni 2020

Mobil balap listrik buatan siswa SMK Muhammadiyah Pakem, Sabtu (14/4/2018). - Harian Jogja/Sunartono
17 Agustus 2019 23:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Gelaran balap mobil listrik tingkat dunia bakal dihelat tahun depan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara Formula E saat Jakarta menjadi tuan rumah. Pihak Jakpro menyatakan akan menggelar ajang balap mobil listrik ini pada Juni 2020 mendatang.

Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto mengatakan bulan Juni dipilih karena bertepatan dengan acara perayaan ulang tahun Jakarta, Jakarta Fair. Pasalnya, ia memperkirakan akan banyak wisatawan dari dalam atau luar negeri.

Karena itu, ia menganggap ajang balap itu dapat memeriahkan acara Jakarta Fair. Ia bahkan berencana untuk menganggdeng PT TransJakarta untuk memudahkan pengunjung untuk berkunjung ke dua acara itu.

"Dipilih bulan Juni karena bersamaan dengan Jakarta Fair sehinga nanti kita bisa tanda tangan business to business untuk menggunakan Transjakarta," ujar Dwi di Pulau D Reklamasi, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019).

Untuk persiapan balapannya, Dwi menyebut pihaknya akan membuat rancangan matang. Ia masih menunggu standar yang diberikan oleh pihak penyelenggara Formula E, Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Nantinya standar yang diberikan FIA akan disesuaikan dua bulan sebelum balapan dimulai. Ia mencontohkan kualitas aspal yang dimiliki lintasan di Jakarta nantinya harus memadai.

"Aspal sudah harus siap 2 bulan sebelum event, supaya tidak terkelupas saat digunakan karena kecepatan mobil ini hampir 300 kilometer per jam," pungkas Dwi.

Sumber : Suara.com