Hari Raya Kurban Ditetapkan 11 Agustus 2019

Seekor kambing kurban berada di antara umat muslim yang mengikuti salat Iduladha di halaman Masjid Agung Darussalam Palu, Senin (12/9). - Antara
01 Agustus 2019 22:47 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Agama menetapkan hari raya kurban atau Iduladha tahun ini jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Waktu tersebut ditetapkan setelah Kementerian Agama menggelar sidang isbat penentuan 1 Zulhujjah 1440.

"Dengan demikian kami putuskan bahwa 1 Zulhijjah jatuh pada hari Jumat pada 2 Agustus 2019. Dengan begitu bahwa 10 Zulhijjah atau Hari Raya Iduladha jatuh pada hari Ahad 11 Agustus 2019," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin di Kementerian Agama RI, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, para ahli melakukan rukyatul hilal di 92 titik. Seluruh petugas hilal telah disumpah oleh hakim pengadilan agama. Hasilnya dari jumlah titik tersebut 10 titik diantaranya telah melihat hilal awal bulan Zulhijjah.

"Hilal berdasarkan hisab telah ada di atas ufuk 2 derajar 4 menit sampai 3 derajat 57 menit," katanya.

Keputusan tersebut ditentukan setelah para ahli dari Kementerian Agama melakukan sidang Isbat dan rukyatul hilal untuk melihat hilal. Rukyatul hilal dilaksanakan di 92 titik di seluruh Indonesia mulai dari ujung barat Sumatra hingga Papua.

Sidang Isbat kali ini dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin. Pasalnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak hadir karena sedang bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Sidang ini dihadiri oleh berbagai kalangan yaitu MUI, para Duta Besar Negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG)

Selain itu, Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga hadir dalam sidang Isbat kali ini.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia