Advertisement

Viral Gaji Rp8 Juta Lulusan UI Tak Cuma Dihujat Netizen, Ditjen Pajak Beri Komentar Kocak

Newswire
Kamis, 25 Juli 2019 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Viral Gaji Rp8 Juta Lulusan UI Tak Cuma Dihujat Netizen, Ditjen Pajak Beri Komentar Kocak Curhatan lulusan UI mengeluh digaji Rp 8 juta - Twitter/@askmenfess

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Media sosial diramaikan dengan topik 'Gaji 8 Juta' lulusan Universitas Indonesia (UI). 

Topik 'Gaji 8 Juta', yang kini menjadi huru-hara di media sosial, turut mendapat perhatian dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak atau DJP.

Advertisement

Melalui akun resmi Twitter-nya, Ditjen Pajak ikut meramaikan tagar #gaji8juta, yang saat ini, Kamis (25/7/2019) sore, menduduki posisi ketiga topik terpopuler di Indonesia.

Sang admin melawak dengan membeberkan pajak penghasilan alias PPh bagi karyawan bergaji Rp8 juta per bulan.

"Fresh Graduate Universitas Inidia, kerja di perusahaan dengan #gaji8juta, ini PPh-nya," kicau @DitjenPajakRI, Kamis.

Di cuitan tersebut, @DitjenPajakRI menyertakan foto berlatar belakang merah muda keunguan, dengan tulisan bertipe huruf 'Modern', khas fitur story Instagram.

"Gaji 8 juta status jomlo, Sabtu-Minggu lembur tapi enggak dibayar, enggak punya program pensiun, begini hitung pajak penghasilannya," bunyi tulisan pada foto itu.

Sang admin bahkan menambahkan satu aspek penghitungan PPh yang kocak, yakni Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP bagi jomlo, yang tentu saja tidak kawin dan tanpa tanggungan alias TK/0.

Berdasarkan penghitungan yang dibeberkan Ditjen Pajak, PPh 21 setahun untuk karyawan jomlo yang setiap bulan digaji Rp8 juta sebesar Rp1.860.000.

"Kerja sebagai karyawan jadi pajaknya dipotong perusahaan, tinggal minta bukti potong 1721 untuk lapor SPT tahunan," bunyi kalimat terakhir di foto itu.

Kelakar Ditjen Pajak terkait gaji 8 juta ini pun tampaknya telah menghibur banyak warganet.

"Ngakak :(" komentar @JaneEmery21.

"Ngeri banget Taxmin ngitungnya di luar kepala. Pasti lulusan Universitas Ikutbimbeltambahan," canda @dannytjais.

""Sabtu Minggu libur tapi enggak dibayar" ini curhat ya Min?" tanya @mimineketje.

Baru-baru ini, jagat Twitter diramaikan oleh sebuah unggahan viral dari seseorang yang mengaku lulusan baru (fresh graduate) Universitas Indonesia (UI).

Dalam unggahan tersebut, ia melontarkan kekecewaan karena menurutnya, tawaran gaji sebesar Rp8 juta tak sesuai untuk dirinya sebagai lulusan kampus ternama.

Unggahan tersebut berupa foto yang tampaknya berasal dari fitur story Instagram, dengan latar belakang merah muda keunguan dan tulisan bertipe huruf 'Modern'.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok," bunyi unggahan itu, yang kini viral dan mendatangkan hujatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement