16 Anak Buah Kapal di Perairan Halmahera Berhasil Diselamatkan

Ilustrasi kapal - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
24 Juli 2019 11:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, TERNATE--Sebanyak 16 anak buah kapal KM Inka Mina 991 yang mengalami mati mesin dan hanyut di perairan Makian Halmahera Selatan berhasil diselamatkan. Penyelamatan dilakukan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah menyatakan saat mendapatkan informasi Kn. SAR 237 Pandudewanata berhasil menemukan kapal hanyut di 5,4 Nm dari LKP ke arah 355° Utara.

"Selanjutnya Kn. Pandudewanata megawal KM Inka Mina 991 melakukan proses Towing KM Barmas menuju Pelabuhan Dufa Dufa Ternate," ujarnya di Ternate, Rabu (24/7/2019).

Menurut dia, Kn Pandudewanata dan KM Inka Mina 991 berhasil merapatkan KM Barmas di Pelabuhan Dufa-Dufa dalam keadaan selamat beserta ABK dan laporan awal jumlah POB 15 org setelah di data ulang, jumlah POB KM Bamas menjadi 16 org dengan keterangan satu org penumpang naik dari pelabuhan panambuang Bacan Halsel.

Sehari sebelumnya pada Selasa (23/7/2019), Basarnas Ternate menerima KM. Barmas mengalami mati mesin dan hanyut di perairan Makian Halmahera Selatan.

Kapal yang hendak bertolak dari pelabuhan panambuang menuju Pulau Obi berpisah dengan KM Cakalang 05 dgn tujuan untuk menangkap ikan di perairan Pulau Obi.

Informasi dari salah satu istri ABK Barmas menyampaikan bahwa ia menelepon untuk menanyakan kabar suaminya. Namun ternyata ponselnya sudah tidak aktif dan belum bisa terhubung.

Basarnas Ternate setelah menerima informasi, langsung mengkroscek dan melacak keberadaan kapal tersebut.

Setelah posisi kapal ditemukan, Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah langsung mengirimkan Personil dengan menggunakan Kn Pandudewanata Ke LKP untuk melakukan penyelamatan.

Sumber : Antara