Advertisement

Kominfo, Microsoft dan LAN Teken Kerja Sama Berbasis Digital

Rahmad Fauzan
Sabtu, 06 Juli 2019 - 08:17 WIB
Sunartono
Kominfo, Microsoft dan LAN Teken Kerja Sama Berbasis Digital Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016 - REUTERS/Lucy Nicholson

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Microsoft Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Berdasarkan keterangan resmi Microsoft Indonesia, penandatangan tersebut dikatakan menjadi awal mula kolaborasi Microsoft dengan Kominfo dan LAN untuk mendorong pengembangan kebijakan digital, memberikan pehamaman, wawasan, dan kesadaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan yang efektif di era transformasi digital.

Advertisement

"Untuk mencapai hal tersebut, Microsoft Indonesia sendiri akan menyediakan Pelatihan Keterampilan Digital untuk 5.000 Aparatur Sipil Negara (ASN). Pelatihan tersebut akan diadakan secaraonline dan akan dibagi menjadi dua bagian, yakni Digital Skill dan Digital Policy," ujar Microsoft Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (5/7).

Adapun, pelatihan Digital Skill akan sepenuhnya dijalankan berdasarkan kurikulum Microsoft Professional Program (MPP) yang mencakup empat topik, yaitu Artificial Intelligence, Cybersecurity, Data Science dan Data Analytics dan Internet of Things.

Sementara itu, pelatihan Digital Policy juga akan tersedia secara daring yang dikelola oleh LAN, dibantu oleh Microsoft dan CfDS (Centre for Digital Society) Universitas Gadjah Mada.

Program pelatihan digital tersebut juga merupakan kelanjutan program Digital Talent Scholarship yang diadakan Kominfo pada 2018 yang telah berhasil membekali 1,000 generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital masa depan. Tahun ini, Microsoft kembali terpilih dan akan menjadi perusahaan teknologi pertama yang menyediakan pelatihan digital untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sekedar menambahkan, penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kemenkominfo Basuki Yusuf Iskandar, Deputi Bidang Kajian Kebijakan ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq, dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement