Pemilu Usai, Jokowi Minta Masyarakat Kembali Fokus Bekerja

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (tengah) saat bertemu di kediaman Ma'ruf Amin, di Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
30 Juni 2019 19:27 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Calon presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo meminta masyarakat kembali fokus dalam pekerjaan mereka setelah rangkaian proses Pemilu 2019 rampung.

"Negara ini memerlukan kerja keras kita semuanya tanpa kecuali. Besok kita langsung kerja," katanya ketika memberikan keterangan resmi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (30/6/2019).

Menurut Jokowi tahapan pemilihan umum mulai dari legislatif hingga presiden sudah berlangsung cukup lama yakni sekitar 10 bulan dan semua orang bergelut dengan urusan politik dalam waktu yang lama.

Sudah saatnya, lanjut Jokowi, masyarakat mulai bekerja kembali membangun Indonesia supaya lebih maju dan sejajar dengan negara-negara lain. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta masyarakat melupakan 01 dan 02 serta kembali merajut persatuan bangsa.

"Terakhir, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melupakan perbedaan pilihan politik yang sempat membelah kita, 02 dan 01. Kita harus bersatu kembali menjadi Indonesia, negeri Pancasila yang mempersatukan kita semuanya," tekan Jokowi.

Terkait koalisi dan program enam bulan pertama, Jokowi mengungkapkan hal itu masih dalam pembahasan dengan partai koalisi.

"Nanti saya sampaikan secara gamblang di forum lain [program enam bulan ke depan]," tambah Jokowi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia