Advertisement

Pengamat : PAN Mau Gabung ke Jokowi, Masih Terganjal Amien Rais

Newswire
Minggu, 30 Juni 2019 - 01:17 WIB
Bhekti Suryani
Pengamat : PAN Mau Gabung ke Jokowi, Masih Terganjal Amien Rais Amien Rais - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Politikus senior PAN Amien Rais dinilai menjadi penentu bergabung tidaknya partai tersebut ke kubu Joko Widodo.

Pengamat politik Tony Rosyid memperkirakan ada dua partai politik dari koalisi Indonesia Adil Makmur untuk bergabung bersama dengan koalisi pemerintah. Kedua partai itu yakni Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Advertisement

"Saya lihat kalau berdasarkan kajian dan analisis saya kalau Demokrat jelas 100 persen ke sana (pemerintah), PAN 100 persen," kata Tony dalam diskusi bertajuk 'Setelah Putusan Mahkamah", di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2019).

Namun demikian kata Dia, langkah PAN untuk bergabung dengan Jokowi-Ma'ruf tidak akan mudah karena sosok Amien Rais. Menurutnya Dewan Pertimbangan PAN itu tentu tidak ingin partainya masuk ke kubu pemerintah.

Dirinya mengatakan, Amien masih memiliki pengaruh yang besar di PAN. Untuk itu menurutnya penting bagi PAN untuk meyakinkan Amin agar mau masuk ke kubu Jokowi.

"Tinggal bagaimana Pak Amien Rais yang sedikit mengganggu," terangnya.

Adapun selain kedua partai itu, Tony tidak melihat tanda-tanda akan bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Adil dan Makmur.

"Kalau saya suka dengan bahasa apa adanya, (Gerindra) lagi bingung. Intinya yang ada di Gerindra saat ini, belum selesai secara internal," tukasnya.

Diketahui sebelumnya koalisi Indonesia Adil Makmur saat ini telah resmi dibubarkan oleh Prabowo. Para partai juga kini diberi keleluasaan untuk menentukan arah politiknya setelah mandat kepada dirinya di cabut pasca pembubaran koalisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement