Mantan Penasihat KPK Jadi Korlap Demo di MK, Sebut Seorang Demonstran Diracun

Eks Penasihat KPK Abdullah Hehamahua saat memimpin aksi demo MK di Patung Kuda. - (Suara.com/Yasir
27 Juni 2019 15:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Mantan penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua jadi koordinator lapangan (korlap) aksi demonstrasi terkait sidang sengketa pilpres, pada Kamis (276/2019).

Ia menyebut seorang warga yang ikut berdemo di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi mengalami keracunan.

Koordinator lapangan aksi mengawal sidang putusan sengketa Pilpres 2019 itu mengaku, pendemo yang keracunan itu telah dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis.

Abdullah mengatakan orang tersebut keracunan makanan yang ia terima atau beli saat melakukan unjuk rasa di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya kejadian tersebut sudah ia prediksi dan diberitahukan ke massa aksi.

"Sekarang satu orang sudah kena racun, dan sudah pasti masuk rumah sakit. Kami sudah memberikan imbauan dari beberapa hari yang lalu, itu ternyata terbukti," ujar Abdullah saat ditemui di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2019).

Karena itu, Abdullah mengimbau kepada massa aksi agar tidak membeli makanan di pedagang kaki lima. Ia meminta agar massa tidak menerima makanan kecuali dari panitia aksi.

"Jangan menerima makanan, menerima minuman tak dikenal dan kalau bisa jangan membeli makanan minuman di kaki lima. Bapak-Ibu hanya menerima dari korlap (koordinator lapangan) kami," jelas Abdullah.

Jelang sidang putusan sengketa Pilpres di MK, massa yang akan melakukan aksi demonstrasi sudah berkumpul di Jalan Medan Merdeka Barat, sejak pagi tadi.

Massa tersebut berasal dari berbagai elemen Ormas Islam seperti Persaudaraan Alumni atau PA 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) dan Front Pembela Islam (FPI). Selain itu massa dari berbagai daerah juga ikut berkumpul untuk ikut meramaikan aksi.

Massa tersebut jumlahnya terus bertambah. Pantauan Suara.com, mulai dari Jalan Cikini terlihat beberapa orang berpakaian putih membawa bendera Indonesia juga berjalan kaki menuju ke lokasi aksi di Jalan Medan Merdeka Barat.

Sumber : Suara.com