Saksi Prabowo-Sandi Sebut Jalan di Boyolali Tak Beraspal, Netizen Ramai-Ramai Bagikan Foto Jalan Mulus di Juwangi

Tangkapan layar peta Google yang menunjukkan jalan beraspal di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. - Twitter
19 Juni 2019 23:07 WIB Budi Cahyana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Betty Kristiana, salah satu saksi yang dihadirkan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK), mengaku harus menempuh perjalanan selama tiga jam dari rumahnya di Teras ke Kantor Kecamatan, Boyolali, Jawa Tengah, karena jalan tidak beraspal. Pernyataan ini ramai dibahas dan menjadi salah satu topik terhangat di Twitter.

Saat bersaksi di sidang MK, Rabu (19/6/2019) malam, Betty mengaku melihat tumpukan amplop dokumen bertuliskan hasil penghitungan suara di halaman Kantor Kecamatan Juwangi. Betty tinggal di Teras yang jaraknya sekitar 50 kilometer dari Juwangi. Betty mengaku butuh waktu sampai tiga jam untuk sampai ke Juwangi karena jalan dari rumahnya menuju Juwangi belum diaspal. 

Hakim yang kemudian mengecek peta Google menyebut waktu tempuh Teras ke Juwangi seharusnya hanya satu jam 30 menit jika tidak lewat jalan tol. Hakim heran karena Betty sampai menempuh waktu sampai tiga jam.

"Medannya sulit, Pak Hakim," jawab Betty.

Hakim kemudian bertanya, "Oh hari ini di Boyolali masih ada medan sulit di Boyolali?"

 "Iya, betul," tambah Betty.

"Tapi jalannya aspal semua?" tanya hakim.

"Tidak. Tidak ada aspal," ucap Betty.

Pernyataan Betty tentang jalan di Juwangi yang belum beraspal kemudian menjadi pembicaraan hangat di medsos. Banyak pengguna Twitter yang kemudian membagikan foto-foto jalan halus di Boyolali. Tak sedikit pula yang menyertakan tangkapan layar peta Google jarak dari teras ke Juwangi. Ada juga pengguna yang membagikan foto jalan aspal yang membelah rumpun pepohonan.

Kebanyakan cuitan di Twitter tentang Juwangi mengolok-olok pernyataan Betty di sidang MK. Ini beberapa contohnya