Advertisement

Perahu Terbalik, 7 Turis Korsel Tewas

Newswire
Kamis, 30 Mei 2019 - 15:27 WIB
Sunartono
Perahu Terbalik, 7 Turis Korsel Tewas Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BUDAPEST--Sedikitnya tujuh orang tewas dan hampir 20 lainnya hilang setelah perahu wisata yang membawa para wisatawan Korea Selatan terbalik saat air Sungai Danube di Ibu Kota Hongaria, Budapest, meluap pada Rabu (29/5/2019), kata pihak berwenang

Kemlu Korsel menambahkan bahwa tujuh dari para wisatawan itu berhasil diselamatkan namun tujuh lainnya meninggal. Sementara itu, 19 turis hilang. Korea Selatan berencana mengirimkan 18 pejabat, termasuk satu tim penyelamatan dan penanganan darurat, ke Budapest, kata Kemlu dalam pernyataan.

Advertisement

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa Kemlu Korea Selatan akan memberikan pendampingan bagi para keluarga korban.

Seorang juru bicara dinas layanan ambulans Hongaria mengatakan kepada televisi negara bahwa 14 orang berhasil ditarik dari sungai. Tujuh di antaranya meninggal sementara lainnya mengalami hipotermia, namun dalam keadaan stabil.

Upaya penyelamatan besar-besaran dilancarkan dengan mengerahkan perahu, para penyelam, lampu sorot, dan pemindai radar untuk menelusuri sungai sepanjang beberapa kilometer dari lokasi kecelakaan.

Para wartawan di lokasi kejadian mengatakan mereka melihat ambulans-ambulans untuk anak-anak disiapkan di tepi sungai. Penyiapan menunjukkan bahwa anak-anak termasuk sebagai penumpang perahu terbalik tersebut.

Namun beberapa jam setelah kecelakaan terjadi dan tak lama setelah pukul 21.00 waktu setempat, kemungkinan bahwa petugas dapat menemukan korban selamat di wilayah Budapest pusat menjadi berkurang karena arus kuat sungai telah menghanyutkan para korban jauh ke hilir, kata para kepala dinas layanan penyelamatan kepada media negara.

Dinas Ambulans Nasional Hongaria telah meningkatkan upaya pencarian di sepanjang sungai dari Budapest dan bersiaga di sepanjang kawasan ke arah selatan Hongaria, tempat seluruh lalu lintas perahu sudah dihentikan.

Gambar-gambar televisi memperlihatkan pinggiran Danube ditutup oleh polisi di bagian Pest, di seberang situs Warisan Dunia Istana Buda.

Perahu nahas tersebut bernama Mermaid, bertingkat dua dan memiliki panjang 27 meter dengan mesin berkekuatan 150 tenaga kuda. Menurut perusahaan pemiliknya, Panorama Deck Ltd, kepada media, Mermaid bisa ditumpangi oleh paling banyak 60 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement