Pejabat Pertahanan AS Bertemu Menhan, Ini yang Dibahas..

Ryamizard Ryacudu. - Antarafoto
30 Mei 2019 13:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Menteri Pertahanan Amerika atau Acting Secretary of Defence of USA, H E Patrick Michael Shanahan, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama bilateral kedua Negara di bidang penahanan yang telah terjalin lebih dari setengah abad.

Sebagaimana penyambutan kepada tamu negara asing lainnya, kunjungan kehormatan Acting Secretary of Defence of USA ini juga didahului dengan penyambutan oleh Menhan Ryamizard melalui upacara Jajar Kehormatan.

Selanjutnya, Menhan Ryamizard dan H E Patrick Michael Shanahan dengan didampingi delegasi dari kedua negara melaksanakan pertemuan bilateral secara tertutup dengan saling bertukar pandangan mengenai haI-hal penting.

Melalui pertemuan bilateral ini, Menhan Ryamizard mengharapkan kerja sama dan persahabatan Indonesia Amerika agar selalu dapat terus dipelihara dengan semangat persaudaraan.

Dengan pertemuan ini, kedua pihak juga dapat saling memberikan masukan bagi peningkatan kerjasama bilateral dalam mendukung kepentingan nasional Indonesia dan AS. Melalui kesepakatan dan masukan-masukan yang bermanfaat untuk meningkatkan kerjasama kedua negara dan dalam berkontribusi untuk menjaga stabilitas regional dan global.

Berdasarkan siaran pers dari Biro Humas Setjen Kemhan, pertemuan itu akan membahas diantaranya kerja sama peningkatan kapasitas melaui forum dialog, kunjungan pejabat, latihan, dan pendidikan.

Kedua, peningkatan kerjasama di bidang industri pertahanan diantaranya melalui program perdagangan dan pengalihan senjata (Defense Trade and Arms Transfers/DTA 7'). Ketiga, survei bawah laut yaitu melindungi kerangka kapal perang dan jenazah tentara Amerika di wilayah perairan Indonesia.

Keempat, stabilitas kawasan lndo Pasifik. Dalam hal ini Indonesia mendukung terwujudnya kawasan Indo-Pasifik yang berprinsip pada keterbukaan, transparansi, inklusifitas, sentralitas ASEAN dan respek terhadap hukum internasional.

Sumber : Antara