Advertisement

Akhir 2019, Pasar Johar Selesai Dipugar

Yudi Supriyanto
Minggu, 26 Mei 2019 - 12:57 WIB
Sunartono
Akhir 2019, Pasar Johar Selesai Dipugar Foto dokumentasi Pasar Johar, Semarang, sebelum terbakar. (Antara)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang menyatakan pemugaran Pasar Johar yang merupakan benda cagar budaya budaya ditarget selesai sesuai dengan jadwal, yaitu pada akhir 2019 ini.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, M. Irwansyah, mengungkapkan pelaksanaan revitalisasi bangunan cagar budaya tersebut secara prinsip telah sesuai dengan kaidah konservasi dan detail engineering design (DED). “Sesuai [timeline], [yakni] akhir tahun ini,” kata Irwansyah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan bangunan cagar budaya tersebut juga dibangun kembali dengan memperhatikan teknologi-teknologi yang membuatnya lebih aman lagi. Salah satunya adalah dengan adanya pemasangan teknologi guna mencegah kebakaran kembali terjadi.

Selain itu, dia menambahkan pihaknya juga akan mengubah pola berjualan para pedagang di bangunan Pasar Johar ketika selesai dibangun. Bahkan, tambahnya, para pedagang akan mendapatkan buku manual agar dapat mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Bukan hanya itu, jumlah pedagang yang akan menempati bangunan cagar budaya Pasar Johar akan dibatasi guna menjaga keutuhan bangunan tersebut. "Ini bangunan cagar budaya nasional, dahulu sempat terkenal sebagai pasar terbesar se-Asia Tenggara. Dari segi ini sudah harus dijaga keutuhannya,” katanya.

Dia menambahkan cagar budaya pasar Johar yang tengah direvitalisasi setelah mengalami kebakaran akan memiliki bentuk sesuai dengan bangunan aslinya. Menurutnya, banyak bangunan tambahan yang dibangun di cagar budaya pasar Johar sebelum terjadi kebakaran.

Dia berharap bangunan cagar budaya Pasar Johar dapat menjadi sebagai ruang publik tempat orang berkumpul selain sebagai tempat untuk melakukan aktivitas jual dan beli. Dengan begitu, tambahnya, benda cagar budaya itu diharapkan dapat menjadi tempat pariwisata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement