Tinjau YIA, Jusuf Kalla: Mulus, Bagus

Wakil Presiden Jusuf Kalla. - Antara/Mohammad Ayudha
04 Mei 2019 12:57 WIB Jalu Rahman Dewantara News Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Yogyakarta International Airport (YIA), Sabtu (4/5/2019). Kegiatan ini dalam rangka meninjau kesiapan bandara, sebelum mulai beroperasi untuk penerbangan komersial pada Senin (6/5/2019) mendatang.

JK datang bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Direktur Utama Angkasa Pura 1, Faik Fahmi; dan jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Mereka menggunakan pesawat kepresidenan kode BAe RJ 85. Pesawat tersebut berangkat dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta sekitar pukul 07.10 WIB, dan mendarat di landasan pacu YIA satu jam berselang.

Sesaat setelah turun dari pesawat, rombongan disambut Gubernur DIY, Sri Sultan HB X yang telah menunggu di samping landasan. Secara berbarengan, rombongan kemudian memasuki area terminal untuk melihat fasilitas apa saja yang telah siap. Kegiatan yang berlangsung kurang dari satu jam ini ditutup dengan penulisan testimoni tetang YIA oleh JK.

"Membanggakan, bagus dan cepat, ini bandara paling modern di Indonesia. Baru selesai 50 persen sudah bagus apalagi kalau semua," kata JK usai menandatangani testimoni, Sabtu.

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu juga megapresiasi landasan pacu YIA yang menurutnya sudah baik, sehingga saat, proses pendaratan berjalan mulus. "Iya mulus, terasakan kalau runwaynya bagus," ujarnya.

JK berharap kehadiran YIA bisa memajukan perekonomian Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Soal aksesibilitas, akan dibantu sarana prasarana meliputi perbaikan jalan raya dan kereta. Namun ia menyatakan akses tidak akan menggunakan jalan tol. "Nanti prasarana dibuat dengan baik, termasuk kereta, jalan raya, tapi bukan jalan tol supaya rakyat bisa menjual barang-barangnya," kata JK.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan apresiasi yang diberikan oleh Wapres kepada YIA memacu pihaknya untuk bekerja lebih baik. Adapun YIA akan segera beroperasi pada Senin (6/5/2019) mendatang. "Insyallah tanggal 6 ada Citilink, kemudian tanggal 10, Batik dan Lion. Kita mengusulkan kepada Presiden pada tanggal belas belasan Mei bandara ini diresmikan," ujarnya.

Usai melakukan peninjauan JK langsung bertolak ke Jogja menggunakan mobil untuk mengisi seminar nasional di Universitas Negeri Yogyakarta. Disusul Menhub yang beranjak ke Solo menaiki kereta api dari Stasiun Wojo dan berhenti di Stasiun Solo Balapan. Adapun kegiatan yang dilakukan Menhub untuk meninjau persiapan sarana prasarana menyambut Lebaran 2019.