Advertisement

Penerbangan Komersial di YIA Dibuka Senin Depan, Wapres Mendarat Sabtu Besok

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 03 Mei 2019 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Penerbangan Komersial di YIA Dibuka Senin Depan, Wapres Mendarat Sabtu Besok Penerbangan uji coba Citilink di Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mulai Senin (6/5/2019) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) melayani penerbangan komersial perdananya. Maskapai penerbangan Citilink dijadwalkan mendarat di bandara tersebut.

Project Manajer Pembangunan (PMP) Yogyakarta Internasional Airport (YIA) PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi mengatakan pesawat yang bakal terbang adalah Citilink dengan tipe pesawat Airbus A 320. Pesawat tersebut akan melayani rute Halim Perdanakusuma (HLP) – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Advertisement

“Ini penerbangan pertama. Tiket perjalanan sudah dijual di situs perjalanan daring. Menteri BUMN, jajaran kementerian BUMN, dan jajaran Angkasa Pura akan menjadi penumpang penerbangan tersebut,” katanya, Jumat (3/5/2019).

Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN direncanakan mendarat di Bandara YIA pada Sabtu (4/5/2019) besok. “Nanti keliling di YIA sebentar sebelum bertolak ke UNY lewat darat,” katanya.

Menurut dia, operasional YIA sudah siap 100% untuk penerbangan komersial. Adapun pembangunan bandara secara keseluruhan sudah 43% selesai dari yang direncanakan.

Sebelumnya, Citilink melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) – YIA pada Kamis (2/5/2019). Citilink dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361 sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB yang bertolak dari CGK. Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke CGK pada pukul 13.40 WIB.

“Kesuksesan proving flight ini merupakan milestone dari pembangunan Bandara YIA. Ini untuk membuktikan kesiapan infrastruktur yang mendukung keselamatan dan keamanan pengoperasian penerbangan komersial,” kata Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa dalam siaran persnya.

Setelah proving flight, Citilink akan mengoperasikan rute penerbangan komersial ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) sebanyak tiga kali sepekan dimulai Senin (6/5/2019) mendatang. Setelahnya, penerbangan komersial akan dilakukan oleh Batik Air pada 15 Mei 2019 dengan tujuan Samarinda, Palangkaraya, dan Cengkareng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement