SBY Bicara Rekonsiliasi antara Kubu Prabowo dan Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di kediamanya Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin(30/7).Pertemuan ini adalah lanjutan dari pertemuan di kediaman SBY di Kuningan, Jakarta, pada Selasa (24/7) malam. - Suara.com/Oke Dwi Atmaja
03 Mei 2019 22:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Susilo Bambang Yudhoyono yang notabene bagian dari Koalisi Adil Makmur alias kubu Prbowo Subianto berbicara soal rekonsiliasi pasca pilpres dengan sejumlah tokoh nasional.

Tokoh-tokoh dari Gerakan Suluh Kebangsaan menjenguk Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di National University Hospital Singapura, Jumat (3/5/2019).

Setelah menjenguk, tokoh-tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan juga berdialog dengan SBY soal Pemilu dan Pilpres 2019.

Sejumlah tokoh yang datang menjenguk ialah Sinta Nuriyah—istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Mahfud MD, hingga Dahlan Iskan.

Dalam dialog tersebut, SBY mengatakan kandidat pasangan capres – cawapres sejatinya bisa saling menahan ego selama masa penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU.

“Setidaknya ada ruang dialog untuk meredam,” kata SBY.

SBY juga mendorong diadakan rekonsiliasi antara kubu Capres Cawapres nomor urut 1 Jokowi – Maruf Amin dan 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Ia menuturkan, rekonsiliasi tersebut harus didasari prinsip kompromi, saling menerima, dan keuntungan dua belah pihak.

“Tentu kita tidak bisa berharap dalam sekali dialog akan menghasilkan suatu solusi. Tapi perlu terus menerus mengedepankan upaya rekonsiliasi,” ujarnya.

Saran yang disampaikan oleh SBY disambut baik, salah satunya oleh Mahfud MD. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, memiliki keinginan yang sama untuk melihat adanya rekonsiliasi seusai Pilpres 2019.

"Saya berharap ada rekonsiliasi pascapilpres ini,” ujar Mahfud.

Untuk diketahui, SBY yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat masuk dalam kubu pendukung Capres Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, dalam Pilpres 2019.

Sumber : Suara.com