Advertisement

Gara-Gara Isu Salah Hitung, Fadli Zon Cek Langsung Cara Kerja Situng Pemilu 2019

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 03 Mei 2019 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
Gara-Gara Isu Salah Hitung, Fadli Zon Cek Langsung Cara Kerja Situng Pemilu 2019 Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendatangi kantor KPU di Jakarta, Jumat (3/5/2019)/JIBI - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan penghitungan suara Pemilu 2019. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mendatangi gedung KPU. Tujuannya adalah mencari tahu pola kerja sistem informasi penghitungan atau situng yang publikasi ke situs.

Fadli mengatakan bahwa masalah situng yang salah input telah menjadi perbincangan masyarakat. Ini karena kesalahan yang terjadi telah mencapai puluhan ribu.

Advertisement

“Kemudian bagaimana mekanisme yang namanya C1 dan berita acara itu disampaikan darimana IP address-nya, siapa orang-orang yang melakukan inputnya, dan di mana dia melakukan input ya,” katanya sebelum pertemuan, Jumat (3/5/2019).

Fadli menjelaskan bahwa ini dilakukan agar publik tahu siapa yang berbuat kesalahan. Baginya ini penting untuk audit dan tugasnya sebagai pengawasan.

“Kalau misalnya nanti ternyata ini tidak dilakukan dengan satu standar yang transparan dan akuntabel tentu kita harus mengambil langkah-langkah lain,” jelasnya.

Fadli menilai penghitungan di situng telah membuat publik tidak percaya dengan KPU. Penyebabnya banyak salah input.

“Kalau jumlah orang di TPS itu hanya sekitar 300, kalau ditambah jadi 500 ya pasti mental sendiri. itu contoh yang paling sederhana. Nah ini dimasuki 2.200 sekian, dimasuki 8.113 [ke situng] kok masih bisa. Berarti ini sistem ini ada yang salah,” ucapnya.

Berdasarkan data tim relawan teknologi informasi Prabowo-Sandi, mereka menemukan 73.715 kesalahan input di situng dari 477.021 tempat pemungutan suara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement