Ini Rute Angkutan Umum Menuju Bandara Internasional Yogyakarta: Sampai Wonosobo, Cilacap, & Solo

Pesawat Citilink mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (2/5/2019) - Harian Jogja/Desi Suryanto
02 Mei 2019 19:12 WIB Rio Sandy Pradana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kulonprogo sudah siap diresmikan dan dioperasikan untuk sebagian penerbangan. Sekretaris Perusahaan AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan YIA akan beroperasi dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Bandara anyar ini juga telah mendapatkan dukungan transportasi darat seperti DAMRI, shuttle bus, kereta api, hingga taksi. AP I memastikan operator transportasi darat yang telah menyatakan siap beroperasi meliputi Perum DAMRI, PT Keren Transindo Sejahtera (SatelQu), operator taksi Primkopau II, dan Organda DIY (dua perusahaan).

Perum DAMRI sudah menyiapkan 12 armada dan akan melayani empat trayek pada tahap awal, yaitu YIA-Jogja (Kantor Damri Cabang Jogja), YIA-Stasiun Wojo, YIA-Magelang (Candi Borobudur), dan YIA-Kebumen via Purworejo (Hotel Patra) pulang dan pergi.

Adapun, SatelQu menyediakan sembilan unit bus yang akan melayani tiga rute, yaitu Banjarnegara-Wonosobo-Purworejo-YIA-Bandara Adisutjipto, Cilacap-YIA-Bandara Adisutjipto, dan Purwokerto-YIA-Bandara Adisutjipto pulang dan pergi.

Sementara, bagi calon penumpang pesawat udara yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api, KAI menyiapkan satu rangkaian kereta yang akan melayani perjalanan dari Stasiun Maguwo yang berada di Bandara Adisutjioto, Stasiun Tugu.

Dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo sebanyak empat kali perjalanan pulang pergi dan dua lainnya akan dilayani dengan KA Solo Ekspres relasi Solobalapan - Kutoarjo. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju YIA menggunakan shutlle bus (Damri) yang tersedia, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia