Advertisement

Polemik Mahfud MD Soal Kemenangan Prabowo-Sandi di Provinsi Garis Keras, Ini Kata Pengamat

Aziz Rahardyan
Kamis, 02 Mei 2019 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polemik Mahfud MD Soal Kemenangan Prabowo-Sandi di Provinsi Garis Keras, Ini Kata Pengamat Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri aksi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (1/5 - 2019). (Antara/Rivan Awal Lingga)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengomentari adalah polemik yang bersumber dari pernyataan pakar hukum tata negara Mahfud MD terkait kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga di "provinsi garis keras". 

Menurutnya, moncernya suara Prabowo-Sandi di beberapa "provinsi garis keras" itu sebenarnya karena pengaruh tokoh agama lokal.

"Ulama, kiai, dan ustaz di daerah, merupakan salah satu instrumen signifikan yang memberikan dampak positif bagi elektabilitas capres. Tapi penyebutan 'provinsi garis keras' tidak tepat dan cenderung tak berdasar," jelas Adi kepada Bisnis/JIBI, Rabu (1/5/2019).

Sebab itulah, Adi cenderung mengklasifikasi dasar penjelasan daerah yang didominasi Prabowo-Sandiaga, lebih tepat jika disebut tempat kuatnya peran ulama lokal dari daerah tersebut.

Misalnya, Aa Gym dari Jawa Barat, ustaz Abdul Somad yang merupakan akademisi UIN Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, ustaz Adi Hidayat dari Banten, Tengku Zulkarnain yang lahir di Medan, ustaz Arifin Ilham di Kalimantan Selatan, serta ulama-ulama lokal Aceh dan provinsi lain yang kerap disebut 'Zona Hijau'.

"Orang yang memilih capres karena alasan agama bukan pemilih garis keras. Dalam politik disebut sebagai pemilih sosiologis. Sebutan provinsi garis keras justru memantik kegaduhan baru," tambah pria yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.

Oleh sebab itu, Adi berpendapat jangan sampai pengaruh ulama ini disalahgunakan dengan rekomendasi yang memantik emosi rakyat lewat ceramah, atau diskusi bertajuk Ijtima Ulama 3. Terlebih, pemungutan suara telah usai, tinggal menunggu pengumuman resmi dari KPU pada 22 Mei 2019.

"Ijtima Ulama 3 ini merupakan kumpulan umat Islam yang menengarai pemilu curang. Tinggal laporkan saja ke Bawaslu, nantinya tak usah people power dan lain-lain, lah," tambahnya.

Sementara itu, Mahfud MD telah menyatakan klarifikasi dan meminta maaf terkait pernyataannya tersebut lewat media massa dan akun Twitter resminya.

Mahfud menjelaskan bahwa istilah garis keras atau hard liner yang dimaksudnya, yaitu sikap yang kokoh dan tak mau kompromi dengan pandangan yang tidak sejalan dengan prinsip.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis/JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement