Persiapan KPU untuk Pemilu Sudah Segini ...

Pekerja merangkai kotak suara kardus di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya, Cibeurem, Jawa Barat, Jumat (1/2/2019). - ANTARA/Adeng Bustomi
13 April 2019 19:07 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Persiapan Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah hampir 100%.

"[Persiapan Pemilu] sudah sekitar 90%. Hampir semua provinsi sudah mengirimkan logistiknya dari kecamatan untuk diteruskan ke desa lalu ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," papar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, Sabtu (13/4/2019).

Dia menuturkan proses pengiriman logistik tetap dilakukan, termasuk di area yang kondisi geografisnya sulit diakses oleh kendaraan. Beberapa daerah yang menjadi contoh adalah Maluku, Sulawesi Barat, dan Papua.

Jika tidak bisa diakses melalui jalan darat, KPU mengaku sudah menyiapkan helikopter untuk mengirim logistik Pemilu hingga ke lokasi kecamatan yang telah ditentukan.

Bukan itu saja, KPU dan KPU Daerah (KPUD) juga telah memberikan bimbingan teknis kepada petugas di lapangan, termasuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Utamanya, teman tim KPPS dan kami sudah siapkan mereka juga. Sehari sebelumnya ada gotong royong dan ada yang diserahkan kepada mereka, sehingga semua standar lebar dan luas tempat lokasi TPS sudah kami berikan kepada mereka," jelas Ilham.

Sumber : bisnis.com