Advertisement

Demi Keamanan, Ada Perekam Wajah dalam Debat Capres

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2019 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Demi Keamanan, Ada Perekam Wajah dalam Debat Capres Prabowo Subianto-Joko Widodo. Olah foto (nuc). - JIBI/doc

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Debat Capres 2019 akan kembali digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Rencananya, polisi akan memasang CCTV mobile di kendaraan-kendaraan patroli yang berjaga di sekitar kawasan  selama Debat Capres 2019 berlangsung.

"Belajar dari pengalaman debat kedua, di beberapa mobil khusus [dipasang CCTV] untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar maupun di lokasi debat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Advertisement

Tak hanya CCTV mobile, Dedi mengatakan Polri juga akan memasang alat pengenal wajah.

"Kami rekam wajah-wajahnya dengan 'face recognition', jadi siapapun yang hadir akan dapat dilihat kembali datanya," katanya.

Sebanyak 5.000 personel kepolisian telah disiapkan untuk mengamankan Debat Final Capres. Selain itu, sebanyak 600 personel TNI turut diperbantukan.

Wilayah pengamanan di lokasi debat dibagi empat zona.

"Ada tiga zona, zona satu, pengamanan menggunakan Paspampres. Pada H-1 sudah dilakukan sterilisasi. Kemudian zona dua ada TNI dan Polri dan pihak keamanan internal hotel, zona tiga ada tim gabungan TNI Polri untuk mengamankan lokasi parkir dan sekitar hotel. Zona empat domain dari polisi lalu lintas," katanya.

Dedi pun mengingatkan kepada masing-masing tim pemenangan capres-cawapres untuk melapor ke Polda Metro Jaya bila akan menggelar nonton bareng debat sehingga lokasi nonton bareng turut dijaga aparat.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin nomor urut 01 dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno nomor urut 02.

Rencananya Debat Final Capres 2019 akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Sabtu 30 Maret 2019. Adapun tema debat adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan serta hubungan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement